Urine Pilot dan Nakhoda Diperiksa

0
219
RAKOR: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak dan Kapolda Kepri Irjend Pol Didid saat menuju ruang rapat koordinasi persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mapolda Kepri, Selasa (19/12). f-istimewa/humas pemprov kepri

Rakor Pam Natal 2017 dan Tahun Baru

Transportasi menjadi salah satu yang sangat diperhatikan menyambut libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Karena itu, sopir, nakhoda maupun pilot hendaknya tes urine sebelum membawa penumpang.

BATAM – GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun juga meminta masyarakat pengguna jasa arus mudik dan balik untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan perjalanan.

Aparat pun diminta tegas, sekaligus menambah personel di pintu keluar untuk membuat perjalanan masyarakat nyaman dan aman.

”Kita lebih baik mencegah, mengantisipasi, daripada mengobati ketika peristiwa yang tak diinginkan terjadi,” ujar Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Pam Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Aula Lancang Kuning Mapolda Kepri, Nongsa Kota Batam, Selasa (19/12).

Hadir pada rapat tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol. Didid Widjanardi, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Yan Fitri Halimasyah, Danrem 033/WP diwakili Kasi Ops Korem 033/WP Kolonel Inf Parjiyo, Kepala Kanwil Bea Cukai Kepri Rusman Hadi.

Hadir juga Kapolresta Barelang Kombes Pol. Hengki, Dandim 0316/Batam Letkol Inf. Edy Widyanto, Kajari Batam Martono serta perwakilan dari Imigrasi, Ditpam, Damkar, SAR, BMKG, ASDP dan Bandara.

Nurdin menyampaikan, dengan adanya rakor ini, pencegahan dini terkait kegiatan-kegiatan yang dapat merusak tatanan kehidupan berkerukunan dan keberanekaragaman bisa dideteksi dan dihindari.

Menjelang akhir tahun ini, Nurdin juga mengingatkan faktor cuaca yang mempengaruhi Provinsi Kepri dengan gelombang tinggi dan angin kencang. Dengan faktor tersebut, keselamatan penumpang menjadi yang utama dan harus bisa terjamin.

Selain faktor alam, faktor human juga diminta Gubernur untuk diperhatikan. Di antaranya perlu dilakukan pengecekan urine bagi supir, nakhoda maupun pilot sebelum mengemudi kendaraan masing-masing. Hal ini agar penumpang yang akan melakukan perjalanan merasakan kenyamanan dan selamat sampai tujuan.

”Dengan keamanan dan kenyamanan yang dirasakan oleh masyarakat merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan pelayanan dalam perayaan Hari Besar Keagamaan,” kata Nurdin.

Selain itu, Nurdin mengingatkan masalah sembilan bahan pokok juga harus dipantau. Menurut mantan Bupati Karimun ini, agar pengusaha-pengusaha nakal yang selalu menimbun sembako bisa ditindak dan harga tetap stabil di masyarakat.

”Kita ingin kehidupan sosial di masyarakat bisa terus rukun. Mereka tidak terganggu dengan permasalahan sembako yang langka dan lainnya,” kata Nurdin.

Atas nama pemerintah dan masyarakat, Nurdin mengucapkan ribuan terima kasih yang tidak terhingga atas dedikasi dan pengabdian personel TNI/Polri dalam menciptakan ketertiban serta keamanan di Kepri.

Rakor itu mengambil tema ‘Kita Sinergikan Untuk Meningkatkan Pelayanan yang Promoter kepada Masyarakat Provinsi Kepulauan Riau’.

Pada kesempatan ini dilakukan juga telekonferensi dengan beberapa Polres di wilayah hukum Polda Kepri seperti Polres Tanjungpinang, Polres Karimun, Polres Natuna.

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk tidak mentolerir setiap gangguan yang diciptakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan memberikan tindakan yang tegas.

Kata Kapolda, TNI dan Polri juga akan bersinergi untuk mengantisipasi cuaca yang berubah-ubah dan ketersedian bahan makanan yang cukup selama libur Natal dan Tahun Baru.(SUHARDI – MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here