Urine Seluruh Nakhoda Diperiksa

0
266
GUBERNUR Kepri, H Nurdin Basirun bersama Kapolda Kepri, Ketua DPRD Kepri dan pejabat lainnya saat meninjau persiapan pasukan pengamanan lebaran di Lapangan Engku Putri Batamcenter, Rabu (6/6). f-istimewa/humas pemprov kepri

Untuk melayani arus mudik lebaran dan libur panjang, Anak Buah Kapal (ABK), kapten termasuk pilot dites urine. Apabila mengandung narkoba, maka tidak diperkenankan melayani penumpang.

BATAM – Menjelang puncak arus mudik lebaran, tes urine dilakukan kepada sejumlah ABK di Pelabuhan Sekupang. Saat tes urine tersebut, tidak ditemukan ABK yang mengandung narkoba maupun alkohol. ”Alhamdulillah, tidak ada yang terindikasi mengkonsumsi alkohol ataupun narkoba,” ujar Gubernur Kepri H Nurdin di pelabuhan itu, Rabu (6/6).

Gubernur, Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Waka Polda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Kepala BNN Richard M Nainggolan, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi dan pejabat lainnya menyaksikan langsung tes urine tersebut.

Tes urine dilakukan setelah pagi itu di Lapangan Engku Putri Batamcenter. Saat itu, Gubernur, Kapolda, Ketua DPRD Kepri dan pejabat lainnya juga melihat persiapan personel yang akan mengamankan sejumlah objek vital di Kepri nanti.

Nurdin meminta kru kapal, nakhoda juga awak pesawat jangan sesekali menggunakan narkoba. Karena sangat berbahaya jika sudah terjerat. Apalagi membawa ratusan penumpang sekali jalan.

Usai melihat langsung pengetesan urine, Nurdin dan rombongan bertolak menuju bandara Internasional Hang Nadim untuk meninjau arus mudik. Setibanya di gerbang kedatangan, Nurdin dan Kapolda Kepri menjalani pengecekan oleh aviaton security Hang Nadim Airport. ”Pemeriksaan tidak boleh pilih kasih. Semua harus diperiksa demi keamanan dan kenyamanan,” ujar Nurdin.

Nurdin berharap masyarakat dapat mudik dengan aman, tenang, nyaman hingga tiba di kampung halaman. ”Selamat jalan, hati hati didalam perjalanan,” ujar nurdin pada beberapa penumpang.

Gubernur bersama Kapolda Kepri memastikan kesiapan pasukan pengamanan dalam menghadapi musim lebaran tahun ini. Kepastian itu dimulai dari menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi di dataran Engku Puteri Batam, pagi itu.

Apel itu dipimpin langsung Kapolda Irjen Didid. Usai memimpin apel, Gubernur dan Kapolda memeriksa kesiapan pasukan personel Polri, TNI, SAR, Dishub, Damkar yang akan melayani masyarakat baik saat mudik maupun ketika balik.

”Kita berharap semuanya berjalan dengan baik. Masyarakat yang ingin kembali ke kampung halaman dapat menjalaninya dengan nyaman dan aman. Para petugas juga bisa menunaikan tugas dengan baik ,” kata Nurdin.

Kapolda Didid mengatakan, apel gelar pasukan Operasi Ketupat Seligi bertujuan untuk mempersiapkan kesiapan personel dalam melayani masyarakat ketika akan mudik dan balik.  ”Agar masyarakat merasa aman dan nyaman,” kata Didid.

Didid juga berharap semua menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab. ”Terimakasih untuk semua personil yg terlibat dalam Operasi Ketupat Seligi,” ujar Didid.(MARTUA-RAYMON SANDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here