Urus Akta, KTP dan KIA Tidak Rumit

0
244
Ilham Kauli

NATUNA – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna Ilham Kauli menegaskan, segala pengurusan administrasi kependudukan tidak memakan waktu lama.

Mulai dari pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran, akte kematian sampai Kartu Identitas Anak (KIA).

Ilham mengungkapkan, masyarakat tidak perlu khawatir dan pengurusan akta hingga KTP TIDAK serumit yang dipikirkan.

Menurutnya, sekarang ini pelayanan yang diberikan diusahakan terus mencapai keinginan masyarakat. Sehingga, pihaknya tetap melayani dengan pengurusan selama satu jam. Berbagai pelayanan publik di Disdukcapil, lanjut Ilham, saat ini sudah lebih praktis dan cepat selesai tanpa menunggu lama.

”Kita ingin mulai perubahan dalam proses pelayanan, yang hanya memakan waktu satu jam saja di setiap pengurusan,” jelas lham Kauli, Rabu (31/1).

Ia menambahkan, salah satu kepengurusan akte kematian hanya perlu surat keterangan dari RT, RW maupun Lurah setelah itu langsung diurus ke kantor Disdukcapil.

”Sebetulnya tidak usah dipikirkan, dan masyarakat hanya tinggal buat surat keterangan dan tidak sampai satu jam segala sudah siap semuanya,” ungkapnya.

Pelayanan yang maksimal sudah menjadi keharusan Disdukcapil, untuk menjalankan tugas dan fungsinya dan pihaknya tinggal menjalankannya dengan ikhlas dan bertanggung jawab.

”Kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Namun, dilain sisi kita juga memberikan kenyamanan kepada para petugasnya, agar pelayanan pun bisa maksimal,” tandasnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here