Urus NPWP Butuh Uang Rp 3,5 Juta

0
615

ANAMBAS – UNTUK mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), warga Kabupaten Anambas harus ke Tanjungpinang. Sehingga, warga mengiinginkan adanya pelayanan pengurusan NPWP yang berlokasi di Anambas. Adanya kekurangan itu, masyarakat inginkan kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama membuka pelayanan di Anambas.

Hadi, salah seorang warga Tarempa mengatakan, jika ingin membuat NPWP maka harus mempersiapkan segalanya. Karena harus meninggalkan pekerjaan, serta mempersiapkan uang minimal Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta. Uang ini bukan untuk biaya NPWP, tetapi untuk akomodasi serta transportasi hingga penginapan dan konsumsi selama di Tanjungpinang.

Ia menguraikan, dari Anambas ke Tanjungpinang lewat jalur laut maka harus menyiapkan minimal Rp 2,5 juta. Rinciannya, ongkos feri sekitar Rp 500 ribu PP menjadi Rp 1 juta.

”Selain itu, masih ditambah uang penginapan selama tiga hari sekitar Rp 750 ribu. Untuk ongkos makan tiga hari sekitar Rp 300 ribu, dan sisanya untuk uang saku,” jelas Hadi, kemarin.

Jika melalui transportasi udara, maka pengeluaran menjadi banyak. Sebab, untuk ongkos pesawat saja sekitar Rp 1,2 juta dan jika PP menjadi Rp 2,4 juta.

”Ditambah dengan uang penginapan sekitar Rp750 ribu selama tiga hari, dan makan tiga hari sekitar Rp 300 ribu. Belum lagi pengeluaran yang tidak terduga, maka uang Rp 3,5 juta sudah termasuk pas-pasan,” ungkapnya

Dengan kondisi yang ada saat ini, ia sangat menginginkan agar di Anambas ada kantor pelayanan pajak. Sehingga, warga Anambas yang akan mengurus NPWP maupun pajak lainnya bisa lebih mudah.

”Anambas sudah hampir 10 tahun berdiri sebagai kabupaten. Alangkah baiknya ada kantor pelayanan pajak,” saran Hadi, dengan penuh harapan.

Selain tidak ada kantor pelayanan pajak, di Anambas juga tidak ada kantor Badan Penyelenggara jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Namun, yang ada di Anambas saat ini baru BPJS kesehatan yang secara fungsinya sangat berbeda.

Untuk tenaga kerja atau karyawan swasta, yang menggunakan BPJS ketenagakerjaan kartunya tidak dapat dilayani jika berobat di Puskesmas Tarempa. Bisa dilayani, tetapi tetap harus mengeluarkan biaya pengobatan.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here