Usai Ironman, Saatnya Menyongsong Bintan Internasional Marathon

0
81
KADISPAR Bintan Luki Zaiman P mempresentasikan iven Bintan Internasional Marathon 2018, di Kantor Kemenpar RI, belum lama ini. f-istimewa

BINTAN – Pemkab Bintan bersama PT BRC Lagoi baru saja mendatangkan 1.490 peserta lomba Ironman 7.30 Bintan, dari 54 negara. Usai iven internasional Ironman, kini saatnya menyongsong iven besar Bintan Internasional Marathon (BIM), yang bakal mendatangkan 4.000 peserta. Wow!

Iven lomba lari maraton di ajang BIM 2018 di Kabupaten Bintan ini, sudah disetujui oleh Kementeria Pariwisata RI. Rencana awal, kegiatan ini diselenggarakan Juli 2018 lalu. Namun, untuk mengatur agenda iven internasional di Bintan, akhirnya Bintan Internasional Marathon digelar, 9 September 2018, di Lagoi Bay.

”Usai Ironman 7.30 Bintan, saatnya kita menyongsong penyelenggaraan Bintan Internasional Marathon. Iven ini digelar oleh PT BRC Lagoi,” kata Luki Zaiman Prawira, Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Senin (27/8) kemarin.

Luki menerangkan, agenda sport tourism internasional yang rutin dilaksanakan di Bintan itu antara lain Tour de Bintan, Bintan Triathlon, dan Ironman Bintan dan beberapa iven lain. Saat ini, akan digelar lomba lari maraton BIM 2018 Bintan. Lomba ini bakal menghabiskan waktu sekitar 8 jam. Start dan finis BIM 2018 Bintan ini dipusatkan di Plaza Lagoi, Lagoi Bay. Kawasan wisata ini merupakan satu lokasi populer di Bintan Beach International Resorts.

”Ironman 7.30 Bintan lalu, kita laksanakan di Lagoi Bay. Nah, BIM ini juga digelar di Lagoi Bay,” terangnya.

Untuk rute lari maraton, peserta akan melewati danau, pantai, memasuki wilayah-wilayah hotel, serta spot-spot menarik di kawasan resor tersebut. Peserta lomba tak hanya menguji ketahanan fisik. Tapi, peserta akan menikmati keindahan alam di Pulau Bintan.

Kategori yang dilombakan antara lain, full marathon (42,2 km), half marathon (21,1 km), dan 10 km charity run. Bagi para elite-runners akan mengikuti full marathon, sedangkan non-elite runners bisa mengikuti full maupun half marathon. Sedangkan kategori 10 km charity run, ditujukan bagi yang hanya ingin berpartisipasi, namun bukan dalam kategori maraton.

”BRC Lagoi sebagai penyelenggara menargetkan, akan diikuti 4.000 peserta mancanegara dan 1.000 peserta dari Indonesia. Saat ini, sudah dalam proses pendaftaran peserta, melalui website www.bintanmarathon.com,” demikian diterangkan Luki Zaiman Prawira. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here