USBN Jadi Penentu Kelulusan

0
774
SISWA SMA Fawnridge Christ-centered School (FCS) Tanjungpinang saat persiapan menghadapi USBN, tahhun lalu. F-martunas/tanjungpinang pos

Digelar Minggu Kedua Maret untuk SMA Sederajat

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) bukan penentu kelulusan bagi siswa Kelas III SMA/SMK/MA/MAN/SLB. Namun, yang menjadi penentu kelulusan adalah Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN).

TANJUNGPNANG – KEPALA Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Drs Atmadinata M.PD mengatakan, kelulusan siswa kelas III SMA sederajat sudah berubah sejak tiga tahun lalu. Karena itu, ia meminta siswa jangan menjadikan UNBK jadi momok.

”Karena UNBK atau UNKP bukan lagi kelulusan siswa, maka jangan terlalu dikhawatirkan. Namun, bukan berarti tidak perlu. Tetaplah serius mengikutiUNBK,” pesannya kepada siswa melalui media ini, Minggu (11/2).

Atmadinata menambahkan, untuk USBN di Kepri, akan digelar minggu kedua Maret nanti. Sedangkan minggu pertama April, sudah dimulai UNBK-UNKP.

Ia pun meminta siswa jangan lengah dengan waktunya. Manfaatkan waktu luang untuk belajar di rumah atau belajar dengan teman. Siswa harus lebih aktif bertanya kepada guru apabila ada yang kurang dipahami. Jangan sampai menyesal nanti saat mengikuti USBN dan UNBK-UNKP. Orangtua juga diminta memberi perhatian lebih kepada anak-anaknya terutama yang sudah kelas III, karena sebentar lagi mereka akan lulus. Nilai mereka nanti juga penentu masa depannya untuk melanjut ke perguruan tinggi.

Dijelaskannya, yang menyusun soal-soal USBN adalah para guru yang tergabung di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Setiap sekolah mengirimkan satu guru mata pelajaran untuk menyusun soal-soal bersama guru mata pelajaran lainnya.

”Akhir Februari ini soal itu sudah siap disusun para guru yang tergabung di MGMP. Jadi, menjelang USBN sudah bisa diperbanyak dan kita jaga kerahasiaannya,” tegasnya.

Atmadinata mengatakan, soal-soal yang disusun MGMP tingkat kesulitannya sama bagi sekolah yang masih menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dan sekolah yang menerapkan Kurikulum Tahun 2013 (K-13). Bedanya, kata dia, untuk sekolah yang menerapkan KTSP ada 9 mata pelajaran yang akan di-USBN-kan. Sedangkan sekolah yang menerapkan K-13, ada 10 mata pelajaran yang akan di-USBN-kan.

USBN akan digelar seminggu atau dua mata pelajaran sehari. ”Kalau sempat satu mata pelajaran sehari, kapan siapnya. Makanya kita buat ujiannya dua mata pelajaran setiap hari. Jadi lima hingga enam hari sudah siap. Karena siswa perlu juga pemantapan jelang USBN,” tambahnya.

Sebelumnya, Mndikbud Muhadjir Effendy mengatakan, untuk materi USBN jenjang SMP, SMA, SMK akan mengujikan seluruh mata pelajaran. Dengan demikian, tidak ada lagi pelaksanaan ujian sekolah di jenjang ini.

Komposisi soal ujian juga 90 persen pilihan ganda dan 10 persen esai. Format USBN ini juga berlaku untuk Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Kesetaraan pada jenjang tersebut.

75-80 persen materi naskah soal pada USBN jenjang SMP, SMA, dan SMK juga disiapkan oleh guru pada satuan pendidikan. Kemudian, materi itu dikonsolidasikan dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Hasil penyusunan materi USBN jenjang SMP, SMA, dan SMK, yang melibatkan para guru itu, lalu dikombinasikan dengan 20-25 persen soal yang disiapkan oleh pusat atau Kemendikbud. ”Soal itu kemudian diperiksa dan dirakit bersama oleh KKG atau MGMP, di bawah koordinasi Dinas Pendidikan. Standar dan kisi-kisi ditetapkan oleh BSNP,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menilai posisi USBN sangat strategis, khususnya sejak Ujian Nasional tidak lagi menentukan kelulusan siswa. ”Dengan USBN, kita juga meningkatkan kompetensi guru dan capaian kompetensi lulusan,” ujarnya.

Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno menambahkan, untuk naskah soal ujian pelajaran siswa SD lainnya, seperti PPKN, IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Penjaskes dan Olah raga, seluruhnya akan disiapkan pihak sekolah masing-masing.(MARTUNAS-NET)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here