Usia 35 Tahun Lebih, Honorer K2 Bisa CPNS

0
1352
SEJUMLAH pegawai dan pejabat Pemprov Kepri saat menghadiri acara pelantikan pejabat eselon di lingkungan Pemprov Kepri di Dompak, baru-baru ini. f-mazpram/humas pemprov kepri

Masalah usia hingga saat ini masih menjadi kendala pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS. Namun, Menteri Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenpanRB) menjelaskan, honorer K2 atau yang sudah berusia 35 tahun ke atas tetap bisa menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

JAKARTA – Seperti yang sudah disampaikan, jika tidak menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), honorer K2 yang sudah usia lebih 35 tahun nantinya bisa mengikuti seleksi menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

”Menjadi PPPK aturannya juga lebih mudah, karena tidak dibatasi umur. Asalkan bisa lolos penerimaan yang tesnya sama dengan penerimaan CPNS pakai sistem CAT (computerized assisted test),” ujar Asman Abnur ketika ditemui di rumah jabatan Gubernur Kaltara, beberapa hari lalu.

Untuk diketahui, Kaltara telah mengusulkan 1.770 formasi untuk penerimaan CPNS 2018 yang berkasnya diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltara Irianto Lambrie kepada Menteri Asman usai memberikan pengarahan kepada 423 CPNS hasil seleksi 2017.

Menteri Asman bahkan menyampaikan bakal kembali memberikan prioritas terhadap usulan dari Pemprov Kaltara. Namun, tetap menyesuaikan kebutuhan dan beban kerja. Menpan-RB Asman Abnur dalam kunjungannya ke Tanjung Selor, Kaltara, beberapa hari lalu menyatakan bahwa penyusunan data honorer K2 dilakukan tahun ini.

Asman mengatakan, pendataan honorer K2 harus dilakukan karena banyak yang tidak sesuai. Termasuk di Kaltara, Menteri Asman juga meminta untuk dilakukan pendataan berapa jumlah honorer K2 yang ada.

”K2 tolong didata dengan detail, karena dulu banyak yang bukan haknya lulus, sedangkan yang berhak malah tidak lulus. Jangan sampai datanya tidak benar,” ujarnya.

Selain honorer K2, Asman juga mengatakan sedang dilakukan inventarisasi terhadap guru honorer di seluruh Indonesia. ”Kita masih coba inventarisasi lagi yang belum terangkat (guru honorer) itu masih mengajar atau tidak, ini yang sedang kita sidik,” terangnya.

Tahun 2018 ini, pemerintah akan membuka penerimaan CPNS di berbagai daerah dengan jumlah sekitar 154 ribu. Namun, yang diterima nanti bukan untuk jurusan administrasi. CPNS daerah yang dibutuhkan adalah jurusan sesuai kebutuhan daerah itu masing-masing.

Dari Kepri, tujuh kabupaten kota termasuk Pemprov Kepri juga sudah mengusulkan sedikitnya 6.000 orang CPNS. Namun, KemenpanRB belum menetapkan kuota masing-masing provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Kemungkinan, pendaftaran CPNS akan dilakukan akhir Juni dan Juli masa ujian. Bagi warga yang tertarik ingin mendaftar jadi CPNS, maka usia maksimum adalah 35 tahun saat pendaftaran.(MARTUNAS-JPNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here