Ustaz Riza: Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup

0
633
Nuzulul QURAN: Ustaz Riza Muhammad bersama H Lis Darmansyah dan wartawan usai memberikan tausiah, Senin (12/6) malam. F-HUMAS PEMKO TANJUNGPINANG

Ustaz Riza Muhammad dari Jakarta kagum dengan Kota Gurindam. Dan ia baru tahu kalau Bahasa Indonesia bermula dari Bahasa Melayu di Pulau Penyengat, Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Saat tiba pertama kalinya, ia mrasa Tanjungpinang ini kotanya kecil tapi warganya ramah. ”Ya, saya baru tahu kalau Bahasa Indonesia lahir dari Bahasa Melayu dari Tanjungpinang,” kata Ustaz Riza Muhammad Jakarta usai memberikan tausiah perayaan Nuzulul Quran tingkat Pemko Tanjungpinang di Masjid Al Azhar, Taman Impian, Senin (12/6) malam. Bahkan, katanya Tanjungpinang berada di daerah kepulauan yang pesisir lautnya cukup indah.

”Pinggin ziarah ke makam di Penyengat, tapi waktu terbatas, pagi-pagi jam 7 pagi harus ke Jakarta,” tegasnya. Dalam tausihnya, ustaz yang pernah membintangi iklan obat bodrek ini minta kepada Wali Kota Tanjungpinang, agar membuat peraturan baru supaya para pegawai di lingkungan Pemko Tanjungpinang, bila saat adzan datang, semua harus meninggalkan pekerjaan dan salat bersama terutama bagi beragam Islam.

”Pak Wali Kota jadi iman, alangkah indahnya hidup ini,” tegasnya. Ustaz ini juga minta agar Pemko terus memperhatikan kesejahteraan bagi guru-guru gaji di Tanjungpinang. Termasuk guru TPQ dan TPQ yang ada di Tanjungpinang, kalau bisa gajinya Rp 10 juta per bulan. Karena, guru gaji adalah pejuang masa depan Indonesia di bidang keagamaan.

Dalam tausiahnya, Ustaz Riza mengatakan Alquran adalah wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulnya sebagai pemberian yang agung. Alquran mengandung kebenaran mutlak dan berfungsi sebagai pedoman hidup bagi umat muslim sepanjang masa. Ramadan menjadi kekuatan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Setiap materi ceramah disampaikannya dengan cerdas, ada kritikan, candaan, doa dan pesan yang tersirat di dalamnya.

Tak heran jika masyarakat tak merasa bosan sama sekali mendengarkan setiap topik yang disampaikan Ustaz berperawakan Arab ini. Pesan-pesan keislaman yang disampaikan dengan tegas dan gerak-gerik lucu dan gayanya yang kocak itu pun disambut dengan tawa para hadirin.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah menambahkan, peringatan Nuzulul Quran sebagai aturan dan ajaran yang mencakup segala dimensi dan kehidupan manusia agar di jadikan petunjuk sebagai aturan hukum dan pedoman hidup.

”Dengan pemahaman yang utuh dan benar terhadap ayat-ayat suci Alquran, kita akan terhindar dari pengaruh berbagai paham yang keliru. Alquran mengajarkan kepada kita bagaimana seharusnya manusia saling menghargai antar sesama umat, walaupun berbeda suku, ras, budaya, agama maupun keyakinan,” ucap wako.

Kata Wako, memahami arti dan makna ayat-ayat suci Alquran secara benar dapat menciptakan masyarakat yang lebih beradab, toleransi dan bersatu dalam keragaman menuju masyarakat yang religius, demokratis, damai dan sejahtera. Sebagaimana yang sudah menjadi bagian dari indentitas masyarakat Melayu, Wako berharap momentum peringatan Nuzul Quran 1438 H dapat meningkatkan keimanan kita, semakin dekat dengan Sang Khaliq.

”Ya, mari wujudkan masyarakat muslim di kota ini yang ummatan wahidah, yang selalu menjunjung persatuan umat, masyarakat yang berilmu dan berwawasan luas, berakhlak mulia serta toleransi. Semoga di bulan Ramadan ini akan melahirkan inspirasi baru guna membangun Kota Tanjungpinang menuju masa depan lebih baik,” tutupnya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here