Usulan Anggaran Rujukan Tak Terpenuhi

0
561
Sudirman

Camat Pulau Laut Sudirman menyayangkan, bahwa usulan anggaran rujukan pasien Puskesmas Pulau Laut ke rumah sakit tidak terpenuhi tahun ini.

NATUNA – Ia menjelaskan, usulan itu tidak terpenuhi dikarenakan anggaran tidak mencukupi. Dengan demikian, anggaran untuk merujuk pasien itu akan tetap menjadi kendala pelayanan kesehatan di Pulau Laut hingga tahun ini.

”Usulan kita kemarin tidak terpenuhi. Padahal, mulai dari Musrenbang hingga proses penganggaran berikutnya masuk semua,” kata Sudirman di Kantor Bupati Natuna, kemarin.

Menurutnya, anggaran untuk kegiatan rujukan itu terbilang urgen. Sebab, selama ini pihaknya dan puskemas selalu kesulitan bila hendak merujuk pasien ke rumah sakit. ”Anggaran semacam ini menjadi penting, karena Pulau Laut jauh dari rumah sakit dengan medan tempuh yang berat. Ongkosnya pun juga cukup mahal untuk ukuran kemampuan warga,” katanya.

Baca Juga :  KPU Serahkan Hasil Penelitian Kepada Parpol

Baginya, kondisi itu sangat dilematis karena dirinya mesti berhadapan dengan rasa kepedulian dan aturan serta dilema ketiadaan anggaran. ”Kalau kita pergunakan anggaran kecamatan tidak boleh, karena melanggar hukum jadinya dan begitu juga puskemas. Sementara, kami tidak mungkin membiarkan warga yang perlu rujukan tidak dirujuk. Pada saat seperti ini kami betul-betul dilematis,” ungkap Sudirman.

Selama ini, pasien rujukan dibawa mempergunakan pompong dinas Kecamatan Pulau Laut ke Ranai guna mendapatkan perawatan di RSUD Natuna. ”Kami hanya minta dana rujukan itu untuk beli bahan bakar dan honor tenaga pendamping dari puskesmas. Kalau kendaraanya biarlah menggunakan Pompong Kecamatan dulu,” katanya.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here