Utamakan Penambahan Insentif Guru Honor

0
219
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersilaturahmi dengan warga, di sela melayat ke rumah duka alm Muhammad Rupiah, di Kijang, Kamis (2/8) kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

APBD 2019 Mencapai Rp 1,076 Triliun

BINTAN – Pemkab Bintan mengutamakan penambahan insentif guru honor, dari estimasi belanja tahun anggaran 2019 mendatang, sebesar Rp 1,076 triliun. Estimasi belanja daerah itu, juga termasuk penambahan insentif bagi penjaga makam atau Tempat Pemakaman Umum (TPU).

”Saya rasa sudah final. Dengan estimasi belanja Rp 1,076 triliun pada pos belanja APBD 2019, sudah bisa menambah insentif guru PAUD dan guru honor SD, SMP sederajat,” kata H Apri Sujadi usai melayat ke rumah duka alm Muhammad Rupiah mantan sepak bola Antam dan PSTS Tanjungpinang, di Kijang, Kamis (2/8) kemarin.

Apri menjelaskan, dari belanja Rp 1,076 triliun pada tahun anggaran 2019 mendatang, alokasi untuk bidang pendidikan masih di atas 20 persen. Dari 20 persen, sudah termasuk penambahan insentif sekitar 1.500-an guru guru honor dan guru PAUD.

”Jika sebelumnya insentif guru itu mencapai Rp 16,7 miliar, setelah ditambah nanti, kita perlu sekitar Rp 20 miliar. Dengan asumsi, setiap guru honor ditambah Rp 100 ribu per bulannya,” tegas H Apri Sujadi.

H Apri Sujadi menyatakan, penambahan insentif guru honor ini ditujukan kepada tenaga pengajar yang diangkat berdasarkan SK Pemkab Bintan. Terdiri dari 500 orang guru PAUD, 700 guru SD/MI, SMP, ditambah 300-an tenaga adminitrasi sekolah dan kantor. Sedangkan untuk guru honor dari SK pengangkatan sekolah, insentif bisa ditambah dari dana BOS atau Bosda.

”Penghitungannya, pihak sekolah yang lebih tahu. Ya, kita bolehkan kepada pihak sekolah untuk menambah insentif guru honor dari SK sekolah atau komite sekolah itu. Dengan anggaran terbatas ini, kita utamakan dulu guru honor yang dari SK Pemkab Bintan,” jelas H Apri Sujadi.

Di lain hal, bupati juga menyebutkan, Pemkab Bintan akan memberikan insentif bagi penjaga makam atau TPU. Rancangan ini sudah dimasukan dalam KUA-PPAS untuk penyusunan APBD 2019 Bintan.

”Semoga DPRD Bintan menyetujui KUA-PPAS yang kita ajukan, Selasa sore lalu,” demikian diharapkan H Apri Sujadi. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here