Vega Ananda Juara Pertama Pembacaan Gurindam 12

0
687
PENYERAHAN HADIAH: Vega Ananda, (nomor dua dari kiri) beserta peraih juara dua dan tiga menerima hadiah secara simbolis. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Vega Ananda merupakan siswi SMPN 9 di Penyengat, Tanjungpinang berhasil menjadi juara pertama dalam pembacaan Gurindam 12. Ia berhak menerima piala dan uang pembinaan senilai Rp 7,5 juta yang disediakan Dinas Pariwisata Kepri.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Daerah, Tepilaut, Tanjungpinang, Selasa (17/10) sore. Di hari yang sama, pada malamnya pengumuman pemenang. Vega begitu sapaan akrabnya, merupakan siswa kelas VIII, dan tebilang sering mengikuti lomba pembacaan Gurindam 12.

Belum lama ini, ia juga terpilih menjadi juara ke dua dalam lomba Generasi Raja Ali Haji yang dilaksanakan ditempat yang sama. Hal ini dikatakan Guru pembina sekaligus guru Agama di SMPN 9 Tanjungpinang, Rasyidin kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (18/10).

Baca Juga :  Pemko Harus Rangsang Swasta

Ada empat siswa yang diikutkan dalam pelombaan Gurindam 12, yang merupakan rangkaian Festival Sungai Carang (FSC) yang disejalankan dengan Festival Bahari Kepri (FBK) 2017. Hanya saja yang terpilih menjadi juara Vega. Sedangkan lainnya tereliminasi.

Sekolah yang dipimpin Raja Suzana Fitri tersebut, menetapkan pembacaan Gurindam 12 menjadi salah satu eskul. Minimal sekali seminggu siswa yang memiliki bakat dan minat dapat berlatih. ”Waktu berlatihnya kadang Jumat atau Kamis setiap minggunya,” ungkapnya.

Ia menuturkan, untuk menjadi pembaca Gurindam 12, selain memiliki bakat juga harus niat. Jadi seluruh siswa yang menjadi anggota eskul Gurindam harus memilki niat agar berhasil. ”Kebetulan kalau Vega ini memang di anugerahi suara yang bagus, jadi begini hasilnya. Ia sering juara,” paparnya.

Baca Juga :  Dosen Unissula Kenalkan Metode Tasawuf ke Siswa

Penyerahan piala dan hadiah secara simbolis dilaksanakan Kadispar Kepri, Buralimar. Ada 31 peserta dalam lomba pembacaan Gurindam 12 tersebut, yang berasal dari Tanjungpinang dan Bintan.

Juara dua diraih siswa siswa SMPN 4 Tanjungpinang, M Al Fatir Al Kandri dan juara ke tiga di raih Syarifah Nazra Al Qudis. Maisng-masing pemenang pembinaan Rp 5 juta dan Rp 3 juta.

Selain itu, panitia juga memilih juara harapan I, II dan III. Harapan satu diraih Sofia Nurahma siswa SMPN 5 Tanjungpinang, kedua Indriani dari MAN dan ketiga Lulu Khaurunisa daru SMPN 1 Tanjungpinang. Masing-masing pemenang diberikan uang pembinaanya sama yaitu senilai Rp 1,5 juta per siswa.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here