Verifikasi, KPU Datangi Kantor Parpol

0
513
Ketua DPD II Golkar Kota Tanjungpinang, Ade Angga sedang menyaksikan proses verifikasi faktul yang dilakukan oleh KPU Kota Tanjungpinang di kantor DPD II Golkar Tanjungpinang, Selasa (30/1). f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017, untuk melaksanakan verifikasi faktual terhadap seluruh partai politik (Parpol).

Divisi Logistik KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf Mahidin mengatakan verifikasi dilakukan semua parpol. Termasuk parpol peserta pemilu 2014 lalu. Diantaranya, Partai Golkar, PKPI, Partai Gerindra, PKS, PDIP, PAN, PPP, PKB, Partai NasDem, PPP, PBB, Partai Perindo dan parpol lainnya.

Sambung dia, verifikasi faktual akan berlangsung selama tiga hari terhitung Selasa (30/1) sampai dengan Kamis (1/2) mendatang. Dalam verifikasi faktual, KPU Kota Tanjungpinang membentuk tiga tim.

Setiap tim yang sudah ada langsung melakukan verifikasi faktual terhadap parpol tersebut. Seperti Selasa (30/1), KPU Tanjungpinang baru melakukan verifikasi faktual ke empat parpol. Yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB dan PAN. Masing-masing tim menghampiri ke kantor parpol yang akan dilakukan verifikasi.

”Hanya PAN aja kita hampiri pada malam hari. Kalau tiga parpol itu di pagi ini,” kata Yusuf Mahidin di Kantor DPD II Golkar Kota Tanjungpinang, Selasa (30/1).

Kata dia, KPU melakukan verifikasi mulai dari kepengurusan partai, keanggotaan hingga keberadaan kantor parpol tersebut. Jadi, alamat kantor parpol tersebut harus jelas. Jangan sampai, disaat KPU mengirimkan surat, tak tau keberadaan kantor parpol tersebut.

”Kita juga sibuk-sibuk cari alamat kantor parpol itu. Ini yang parah. Kita tak mau alamat parpol tersedia saat verifikasi saja,” sebut dia.

Sementara itu, Divisi Hukum KPU Kota Tanjungpinang, Dewi Haryanti berharap, semua parpol yang berada di Tanjungpinang, tidak ada masalah. Sehingga parpol tersebut bisa lulus dari verifikasi faktual yang dilakukan oleh pihak penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU Kota Tanjungpinang.

”Hasil verifikasi faktual ini, kita laporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Kepri,” sebut Dewi didepan pengurus DPD II Golkar Kota Tanjungpinang.

Ketua DPD II Golkar Kota Tanjungpinang, Ade Angga mengatakan, proses verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Tanjungpinang sekArang, lebih mudah dan simpel. Tak seperti yang sebelumnya, penyelenggara Pemilu mendatangi rumah kader partai yang masuk dalam kepengurusan parpol tersebut. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here