Virus HIV AIDS Diprediksi Meningkat Tahun Ini

0
437
PELAJAR salah satu SMA saat mengikuti kegiatan semangat generasi muda berantas peyebaran HIV AIDS.F-istimewa

NATUNA – Kepala Pengelola Program Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Natuna Dede M Ramli mengatakan, diprediksikan tahun 2018 virus HIV/Aids akan mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Hal dikarenakan banyaknya faktor yang mendukung peredaran virus tersebut. Selain itu, kurangnya pengawasan terhadap para penderita penyakit yang berbahaya ini di tempat-tempat tertentu.

”Jika kita prediksikan peningkatan virus HIV/AIDS akan terus meningkat setiap tahunnya. Makanya perlu sekali pengawasan yang rutin, untuk mencegah agar penyebaran bisa dihentikan,” kata Dede di Kantor Bupati Natuna, Kamis (8/3).

Baca Juga :  Obat Langka, Sekda Segera Temui Menkes

Ia mengungkapkan, infeksi virus HIV muncul dalam tiga tahap dan tahap pertama adalah serokonversi atau periode waktu tertentu di mana antibodi HIV sudah mulai berkembang untuk melawan virus. Tahap kedua adalah, masa ketika tidak ada gejala yang muncul dan tahap yang ketiga adalah infeksi HIV berubah menjadi AIDS.

”Makanya sangat perlu sekali sosialisasi dan monitoring secara rutin, agar penyebaran virus tidak sampai meluas dan tidak sampai menularkan ke yang lainnya,” paparnya.

Terlebih lagi pada tahun ini, sosialisasi, monitoring dan penjangkauan di lapangan tidak lagi dianggarkan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga :  Pengendara Natuna Dinilai Cukup Tertib

”Kita menyayangkan minimnya informasi, sosialisasi, monitoring dan penjangkauan di lapangan, sehingga membuat virus tersebut semakin menyebar. Kita khawatirkan menyebar ke generasi anak Natuna,” jelasnya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat, agar bisa menjaga diri masing-masing supaya penyebaran virus yang berbahaya ini bisa terhindar dari keluarga.

”Jadi jagalah prilaku dan kelakuan anda, agar terhindar dari penyakit berbahaya HIV/AIDS yang hingga kini belum ada obatnya,” harapnya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here