Wabup Musnakan KTP Elektronik yang Rusak

0
291
Wabup Anambas, Wan Zuhendra memusnahkan KTP elektronik yang rusak didapingi anggota TNI-POLRI.

ANAMBAS – Pemerintah Anambas memusnahkan 1.122 Kartu Tanda Penduduk (KTP) elekronik yang rusak. Seperti salah cetak, pindah alamat dan perubahan status.
Pemusnahan dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Anambas, Wan Zuhendra di Halaman kantor bersama DPMPTSP dan Dinas Kesehatan, Jumat (14/12) sore.

Wan Zuhendra mengatakan, KTP elektronik yang dimusnahkan karena rusak itu, periode April sampai dengan Desember 2018.
Pemusnahan ini menurut Wan, merupakan instruksi langsung dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui surat edaran nomor 470.13/11276/SJ tentang tentang penatausahaan KTP -el rusak atau invalid.

“Ini dalam rangka tertib administrasi dan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan, kewaspadaan, dalam sistem administrasi kependudukan serta upaya menghindari penyalahgunaan KTP rusak tersebut,” paparnya.

Wan menuturkan, sebelumnya, pemusnahan KTP dengan cara dipotong namun saat ini dibakar.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil KKA, Adri Marfoza mengakui informasi permintaan pemusnahan terbilang mendadak. Pihaknya mendapatkan kabar tersebut sekitar Pukul 10.00 WIB pagi itu.

“Kita baru diinstruksikan tadi pagi, melalui surat edaran Bapak Mendagri dilaksanakan pada Pukul 14.00 WIB seperti yang baru saja kita laksanakan,” terang dia.

Tambah Adri, kini juga dirubah tata kelola dalam hal pemusnahan, dari dipotong menjadi dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Hal ini kita lakukan karena mengantisipasi agar tidak terjadi lagi KTP el tercecer atau sengaja dibuang,” ucap dia.

Bahkan kata dia sesuai arahan pemusnahan KTP akan dilaksanakan setiap hari setelah selesai jam Kantor dengan mendokumentasikan dengan tertib dan dibuat BAP.

“Pada tahun 2017 kita juga telah menyerahkan sebanyak 3.500 KTP yang rusak kepusat,” tukas dia. (ign)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here