Wabup: Pertahankan Nilai Tradisi

0
390
WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam didampingi Sekda Adi Prihantara menyerahkan piala bergilir kepada Kadisbudpora Makhfur Zurachman, saat pembukaan festival tari. f-yendi/tanjungpinang pos

Bintan Timur Kembali Juara Festival Tari

BINTAN – WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam bersama Sekda Adi Prihantara membuka secara resmi festival tari 2018 Kabupaten Bintan, di panggung relief Antam Kijang, Selasa (3/7) malam lalu. Dalam festival tari ini, Kecamatan Bintan Timur mempertahan gelar juara, dari penampilan sanggar Tuah Pusaka.

Festival tari tahun 2018 ini berlangsung meriah. Proses pembukaan ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari Kecamatan Bintan Timur sebagai juara bertahan tahun 2017, kepada Wabup H Dalmasri Syam. Selanjutnya, Wabup Bintan didampingi Sekda Adi Prihantara, menyerahkan piala bergilir tersebut kepada Kepala Disbudpora Makhfur Zurachman. Disaksikan Kapolsek Bintan Timur dan Camat Bintan Timur Rusli.

Baca Juga :  Agus Desak Pengesahan Perda Tunjangan Dewan

”Kita bangga atas penyelenggaraan festival tari daerah ini, yang berlangsung setiap tahunnya,” kata H Dalmasri Syam.

Menurut H Dalmasri Syam, pelaksanaan festival tari ini bukan hanya untuk menyeleksi sanggar yang berkualitas, guna mewakili Kabupaten Bintan di ajang festival tari tingkat Provinsi Kepri, yang akan digelar di Natuna. Tapi, festival tari ini merupakan upaya Pemkab Bintan dalam melestarikan kebudayaan daerah, khususnya seni tari.

”Seni tari ini adalah tradisi Melayu. Nilai tradisi Melayu Bintan ini harus dipertahankan, melalui kreasi sanggar-sanggar yang ada di Bintan,” harap H Dalmasri Syam.

Bagi H Dalmasri Syam, siapa pun yang menang dan mewakili Bintan ke tingkat provinsi, jangan dipersoalkan. Karena, penilaian sudah dilakukan secara profesional dari tim dewan juri.

Baca Juga :  Apri Berangan-angan 2 Juta Kunjungan

”Sanggar yang bertanding di tingkat provinsi nanti, mesti mempertahankan nilai tradisional yang ada di Bintan. Karena, ini merupakan satu dari banyak program yang dijalankan Pemkab Bintan,” demikian ditambahkan wabup.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Bintan Makhfur Zurachman mengatakan, ada 6 peserta dari kecamatan yang mengikuti festival tari ini. Dari hasil penilaian dewan juri, sanggar Tuah Pusaka Bintan Timur keluar sebagai juara pertama festival tari tahun 2018 Kabupaten Bintan. Bintan Timur, berhasil mempertahankan gelar juaranya.

Juara kedua diraih oleh sanggar Bungsu Sakti dari Kecamatan Mantang, Sang Nila Utama Bintan Utara sebagai juara ketiga, sanggar YKPP harapan pertama dan sanggar Bintan Telani harapan kedua. Penata musik dari sanggar Bungsu Sakti Mantang, penata busana dan penatan tari dari sanggar Tuah Pusaka Bintan Timur.

Baca Juga :  PLN Kecewa Syahbandar Tahan Kapal Gas

”Masing-masing pemenang diberikan hadiah uang pembinaan. Kemudian, sanggar Tuah Pusaka Bintan Timur akan mewakili Kabupaten Bintan di festival tari tingkat provinsi,” jelas Makhfur Zurachman, yang turut dibenarkan Sekretaris Disbudpora Euis Sumartini. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here