Wagub Tegaskan, Layanan Kesehatan Wajib Makin Prima

0
54
WAGUB Kepri H Isdianto diskusi dengan Kadinkes Pemprov dan Kadinkes Karimun di Gedung Graha Kepri Batam, Kamis (11/10). f-istimewa/humas pemprov kepri

BATAM – Wakil Gubernur Kepri H Isdianto menegaskan, pelayanan kesehatan harus semakin prima. Jangkauan layanan kesehatan yang semakin baik juga harus menjangkau masyarakat lebih banyak.

”Layanan kesehatan harus menyentuh masyarakat di semua lapisan. Di mana pun mereka. Ke depan, layanan itu harus mereka dapatkan,” kata Isdianto saat menerima Kadis Kesehatan Provinsi Kepri dan Kadis Kesehatan Karimun di ruang kerja Wagub di Graha Kepri Batam, Kamis (11/10).

Salah satu upaya memperkuat layanan prima itu adalah dengan hadirnya rumah sakit pramata (Tipe D) di Pulau Kundur. Isdianto berharap secepatnya keberadaan rumah sakit pratama tersebut.

Baru nanti bila sudah ada penetapan status, kata Isdianto, Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kabupaten Karimun, akan duduk bersama menentukan langkah selanjutnya.

Dukungan ini diberikan karena Pemprov memang ingin agar secepatnya ada rumah sakit di Tanjungbatu. Selain untuk masyarakat Tanjungbatu sendiri, juga untuk bisa mengcover daerah sekitarnya.

”Ini juga keinginan almarhum H Muhammad Sani agar Tanjungbatu memiliki rumah sakit,” Isdianto.

Bukan tanpa sebab, masyarakat Pulau Kundur berharap bisa memiliki rumah sakit agar dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, tidak harus jauh-jauh ke Karimun, Tanjungpinang atau Batam.

Isdianto berharap, tahun depan sudah bisa diadakan pembicaraan lanjut mengenai apa saja yang harus dipenuhi dengan keberadaan rumah sakit ini. Dari mulai peralatan penunjang hingga tenaga medis dan pendukung lainnya. ”Jika telah ada penetapan, kita bisa segera sharing serta ajukan penganggarannya dalam APBD 2019. Dengan demikian, tahun depan 2020, rumah sakit tersebut segera beroperasi,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana mendukung terwujudnya rumah sakit pratama di Tanjungbatu. Karenanya penetapan status harus secepatnya dilakukan. Adapun operasional Puskesmas Tanjungbatu bisa tetap berjalan seperti biasa.

Senada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Achmadi akan segera menindaklanjuti dengan terlebih dahulu menetapkan keberadaan rumah sakit pratama Tanjungbatu.

Nantinya penetapan akan ditindaklanjuti dengan mengeluarkan SK dan perizinan yang dikeluarkan Bupati Karimun dengan disusul membuat pelang nama rumah sakit. Adapun puskesmas lama akan dipindah pelayanannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here