Wakapolres Sosialisasikan Saber Pungli

0
568
TIM Saber Pungli Kabupaten Kepulauan Anambas foto bersama peserta usai mensosialisasikan Saber Pungli di Kecamatan Jemaja, Senin (7/5).F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Kepulauan Anambas, melaksanakan kegiatan sosialisasi unit pemberantasan Pungli di Kecamatan Jemaja.

Ada pun tujuan kegiatan itu, guna menciptakan pelayanan yang bersih di seluruh intansi pelayanan publik dan pemerintahan yang berlangsung di ruangan Hotel Juliani, Letung, Senin (7/5).

“Beberapa Kecamatan sudah digelar kegiatan yang sama, hari ini kita lakukan di Kecamatan Jemaja dan hari ini akan dilaksanakan di Kecamatan Jemaja Timur. Beberapa hari yang lalu dilaksanakan di Kecamatan Siantan, dan akan diteruskan ke kecamatan lainnya pula,” kata Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Kepulauan Anambas sekaligus sebagai WakaPolres Anambas HR Amin SH, Senin (7/5).

Baca Juga :  WNA Bisa Langsung Masuk Anambas

Amin menjelaskan, berdasarkan amanat dari Presiden RI harus disampaikan kepada seluruh masyarakat. Karena, lanjut Amin, hal ini tujuannya sangat baik yakni menciptakan karekter yang bersih, jujur dan amanah.

Jika hal ini tidak lakukan, maka sudah tentu masyarakat luas tidak akan mengerti. “Kita harus sampaikan sosialisasi ini, dan ini sesuai dengan amanat presiden. Khusus untuk pelayanan publik dari pemerintahan kepada masyarakat. Ini harus benar-benar bersih dari Pungli,” jelas Amin.

Menurutnya, dampak ekonomi menjadi tinggi akibat adanya praktek Pungli terjadi. Untuk memberantas hal itu, kata Amin, diperlukan keseriusan seluruh lapisan masyarakat dan seluruh aparatur negara.

Ia juga mengimbau kepada pihak sekolah, untuk menghindar perbuatan praktek Pungli kepada murid. Tidak hanya sekolah, namun juga disampaikan kepada peserta yang hadir seperti kepala desa.

Baca Juga :  Panitia Pemekaran Datangi DPRD Anambas

Sehingga, dalam memberikan pelayanan administrasi yang dibutuhkan masyarakat jangan sampai dilakukan perbuatan yang dinilai sebagai Pungli.

“Artinya semua pihak harus bisa bekerja secara profesional dan amanah. Pungli itu dinilai akan merusak karakter bangsa, dan sangat tidak baik,” tegasnya.

Sementara itu, Abdulah Sani selaku Camat Jemaja menambahkan, pihaknya menjamin bahwa aparatur kecamatan dibawah pimpinannya tidak akan melakukan praktek Pungli tersebut.

Jika ditemukan, ia harapkan kepada masyarakat segera membuat laporan kepada pihaknya atau kepada Tim Saber Pungli. “Jangan takut membuat laporan, jika ada oknum kecamatan meminta uang dalam pelayanan administrasi kepada masyarakat. Saya sudah imbau sejak dulu, tidak ada biaya dalam mengurus surat menyurat,” katanya.

Baca Juga :  Pemkab Anambas Kuliahkan 27 Anak Daerah di SBTI

Sani juga menyampaikan, ia juga sangat mengapresiasi kepada Tim Saber Pungli Kbupaten Anamabas yang telah turun langsung melakukan sosialisasi di Kecamatan Jemaja.

Menurutnya, dengan dibentuk unit Tim Saber Pungli maka ke depannya bisa bekerja secara maksimal dan tentu berdasarkan peraturan yang berlaku.

“Saya bangga kepada Tim Saber Pungli Kabupaten Anambas, dan dipimpin langsung oleh pak WakaPolres Anambas melakukan kegiatan sosialisasi di Kecamatan Jemaja,” tuturnya. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here