Wakil Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada

0
691

TANJUNGPINANG – Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2018 akan dilakukan secara serentak di Indonesia, termasuk di Kota Tanjungpinang.

Di Pilkada Tanjungpinang, sosok bakal calon wakil wali kota merupakan figur yang tak kalah penting dalam meningkatan elektabilitas dan popularitas. Wakil angat mempengaruhi kemenangan. Kelebihan figur wakil bisa menutupi kelemahan calon wali kota yang akan diusung, bahkan bisa menjadi penentu kemenangan. Di Tanjungpinang ada tiga bakal calon yang mencuat. Yakni Ade Angga (Golkar), Ing Iskandarsyah (PKS) dan Maya Suryanti (nonpartai).

Hal ini disampaikan Pengamat politik dari Stisipol Raja Ali Haji Kota Tanjungpinang, Endri Sanopaka, kemarin. ”Salah memilih pasangan bisa menjadi bencana bagi bakal calon Walikota yang akan bertarung di Pilkada Tanjungpinang. Hal ini juga berlaku bagi bakal calon Walikota harus jeli untuk menerima tawaran sebagai wakilnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Kotak dan Bilik Rawan Rusak

Menurutnya, bakal wali kota diharapkan mawas diri dan selektif dalam menentukan pasangan wakilnya. Salah memilih akan menyesal lima tahun, karena harapan kemenangan di depan mata hilang dari pandangan. Realitas politik ini harus disadari semua kandidat bakal calon wali kota, untuk memilih pasangan yang bisa diterima masyarakat.

”Saya lihat Pak Syahrul jeli dalam menentukan wakilnya. Ada tiga potensi bakal jadi wakilnya. Ada nama Ade Angga ,Ing Iskandarsyah dan Darma Setiawan,” bebernya.

Ia juga melihat, langkah politik Lis Darmansyah mencari bakal calon wakilnya juga tepat. Tiga nama bakal calon wakilnya telah diserahkan ke DPP PDIP. Di antaranya, Maya Suryanti, Adnan dan M Syahril. Ia memprediksikan, Lis bakal mengandeng Maya Suryanti, untuk meningkatkan elektabilitas mereka. ”Maya Suryanti juga diharapkan bisa merangkul pemilih pemula dan perempuan,” bebernya.

Baca Juga :  PKS Siap Menangkan Syahrul-Rahma

Kata dia, selain kehadiran calon wakil, penentu kemenangan bisa juga dari program kerja yang ditawarkan kepada masyarakat melalui visi dan misinya.

Lis dan Syahrul, bakal calon Wali Kota Tanjungpinang 2018 mendatang, sambung dia bakal memiliki visi dan misinya hampir sama.

Kecuali, Syahrul dan Lis Darmansyah, memiliki konseptor yang hebat yang bisa membaca peluang apa saja yang harus dibangun di Tanjungpinang untuk lima tahun mendatang. Kemudian, peluang itu menjadi senjata bagi mereka untuk meraih suara di pilkada. Saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah lapangan pekerjaan.

Baca Juga :  Ketua KPU Bersyukur Diberi Tanah

Kalau, wako terpilih nanti bisa memajukan kawasan Free Trade Zone (FTZ) Dompak dan Senggarang. Pelabuhan Tanjungmoco difungsikan akan meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here