Wako Minta Gubernur Tak Keluarkan Izin Bauksit

0
1261
AKTIVITAS TAMBANG: Aktivitas tambang bauksit di Tanjungpinang, sebelum ada larangan ekspor biji bauksit mentah. f-dok/tanjungpinang pos

Lahan di Senggarang dan Dompak Jadi Incaran

Ekspor bauksit tak lama lagi akan dibuka. Pemko Tanjungpinang meminta Gubernur Kepri
H Nurdin Basirun, tidak lagi mengeluarkan izin pertambangan bauksit di Ibu Kota Provinsi Kepri ini. Selain kotanya kecil, lahan bauksit juga sudah tidak ada lagi. Saat ini wewenang izin tambang ada di Pemprov Kepri.

Tanjungpinang – Hal ini diungkapkan Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah usai menghadiri khataman Alquran siswa SMPN 5 Tanjungpinang, Jumat (3/2).

”Kita mohon supaya Pemprov Kepri tak lagi mengeluarkan izin tambang. Memang lahan tak ada lagi untuk digali,” tegasnya.

Tapi, Lis mempersilahan bagi pengusaha yang sudah memiliki stockpile bauksit yang sudah menumpuk, tak ada apa-apa diselesaikan dulu.

Tapi, untuk tambang lahan bauksit baru, baiknya tak ada lagi. Stockpile bauksit saat ini ada di kawasan Tanjungmoco, Dompak dan Senggarang.

”Aktivitas bauksit cukup berdampak bagi lingkungan kita,” tegasnya.

Selain kawasan Tanjungpinang mohon tak dibuka izin tambang, Lis juga minta agar Gubernur tak mengeluarkan izin tambang bauksit di kawasan pusat pemerintah Kepri di Dompak.

”Masih banyak juga lahan bauksit yang sudah ditambang tahun-tahun lalu, tapi belum dilakukan reklamasi,” tegasnya.

Ia berharap, perusahaan yang belum melakukan rekmalasi, baiknya melakukan reklamasi.

”Dana reklamasi masih sama kita, karena pengusaha belum mau melakukan reklamasi,” tegasnya.

Dampak lainnya, resapan air tak ada lagi. Akibanya, titik banjir baru akan bermunculan lagi. Sebab, air serapan di bukit-bukit akan hilang.

”Lahan kita saja gersang, harus dihijaukan kembali,” tegasnya.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang, Bobby Jayanto, yakin perekonomian membaik, bila ekspor atau tambang bauksit sudah jalan lagi.

”Perputaran ekonomi terus meningkatkan kalau ada tambang bauksit,” tegasnya.

Ekonomi tumbuh 2017 di Tanjungpinang diprediksi terus membaik. Karena, perputaran uang bukan hanya bersumber dari tambang bauksit, tapi rencana pembangunan dermaga, menghubungkan Pelantar I dan Pelantar II, ditambah lagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bintan, juga pengaruh terhadap ekonomi di Tanjungpinang.

Saat ini aturan soal ekspor tambang bauksit, masih terus disosialisasikan oleh pemerintah pusat termasuk para pengusaha bauksit di Tanjungpinang dan Kepri umumnya.

”Peraturan Pemerintahnya (PP) sedang disosialisasikan. Ya, besar kemungkinan tambang bauksit akan dibuka lagi,” tegasnya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here