Wako Minta Maskapai Buka Rute Tanjungpinang-Surabaya

0
501
Wawancara: Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah diwawancarai awak media. f-dokumen/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Pemko Tanjungpinang meminta kepada maskapai penerbangan, baik milik plat merah mau swasta agar mau membuka rute penerbangan baru dari Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. Rute baru yang diminta Wali Kota Tanjungpinang adalah rute dari Tanjungpinang ke Surabaya, Jawa Timur dan dari Jawa Timur ke Tanjungpinang. ”Kita meminta kepada maskapai penerbangan untuk membuka rute Tanjungpinang-Surabaya dan Surabaya-Tanjungpinang,” kata H Lis Darmansyah, kemarin.

Lis mengaku minta rute dari Tanjungpinang ke Surabaya dibuka karena permintaan masyarakat. Banyak masyarakat selalu meminta kepada dirinya agar melakukan lobi-lobi ke manajemen maskapai di pusat. Supaya rute Tanjungpinang ke Surabaya terwujud.

Sebelumnya, Lis telah berhasil melakukan lobi-lobi maskapai lainnya, dengan membuka rute Tanjungpinang-Medan, Tanjungpinang ke Padang dan Tanjungpinang ke Pekanbaru (PP). Seperti maskapai penerbangan Wings Air dan Express Air. ”Kita ingin bandara kita juga berkembang,” harapnya.

Supaya niat masyarakat ada rute Tanjungpinang ke Surabaya, Lis akan memanggil kembali manajemen maskapai yang beroperasi di bandara Tanjungpinang. Ia ingin mendengarkan masalah apa sehingga maskapai tak mau buka rute baru dari Tanjungpinang ke Surabaya. ”Mudah-mudahan secepatnya kita duduk bersama pihak maskapai penerbangan membahas masalah rute baru,” sebut dia.

Sementara itu, permintaan Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah disambut dan direspon baik oleh pihak managemen Sriwijaya Air Cabang Tanjungpinang. ”Keinginan ini, sudah pernah saya sampaikan kepimpinan kita di pusat. Karena pada saat itu, Pak Walikota Tanjungpinang,

H Lis Darmansyah pernah mengirim surat ke kita. Intinya, permintaan untuk penambahan rute baru tujuan dari Tanjungpinang ke Surabaya,” kata Distrik Manager (DM) Sriwijaya Air Tanjungpinang, E Presley L Sumanti.

Untuk memenuhi keinginan Lis, ia katakan perlu waktu lama. Sebelum membuka rute baru pihak Sriwijaya Air terlebih dahulu akan lakukan survei ke masyarakat. Sampai sejauh mana keinginan masyarakat terhadap rute penerbangan dari Tanjungpinang ke Surabaya.

Kalau banyak peminat rute penerbangan Tanjungpinang ke Surabaya, katanya, kemungkinan besar keinginan Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah akan dikabulkan oleh pihak managemen Sriwijaya Air. ”Karena kitakan perlu hitung-hitung dululah,” ucap dia.

Ditempat terpisah Airport Manager Lion Air Tanjungpinang, Handoko mengatakan akan memfollow up keinginan Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah terkait rute Tanjungpinang ke Surabaya, ke managemen Lion Air di pusat. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here