Wako Terharu Lihat Kegiatan Penyandang Disabilitas

0
31
Juariah Syahrul didampingi H Syahrul, Agustiawarman menyerahkan bingkisan perwakilan disabilitas. f-ist/humas/tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang memperingati hari Disabilitas Internasional bersama penyandang disabilitas di Gedung Wanita Tun Fatimah, Rabu (5/12) lalu.

Sesuai data dari Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, hingga kemarin jumlah disabilitas 517 orang. Dengan rincian 44 orang disabilitas berat, 448 orang disabilitas sedang dan 25 orang disabilitas ringan.

Setiap 3 Desember merupakan peringatan Hari Disabilitas Internasional yang dicanangkan oleh Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan disepakati oleh seluruh negara di dunia sejak tahun 1992.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, mengatakan bahwa pencanangan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa, peran dan kemampuan para penyandang disabilitas.

Sekaligus momentum bagi masyarakat internasional memperhatikan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas.

”Saya merasa terharu dan bangga melihat kreatifitas dan persembahan dari para penyandang disabilitas ini, meskipun memiliki keterbatasan namun tetap semangat dan dapat menampilkan persembahan dengan baik.

Dimulai dari pembacaan ayat suci Alquran dan sari tilawah, tari persembahan, nyanyian dan penampilan lainnya semua dilakukan oleh penyandang disabilitas,” ujarnya.

”Kita yang memiliki fisik yang sempurna belum tentu bisa melakukan seperti yang dilakukan oleh penyandang disabilitas ini. Mudah mudahan anak anak ayah dan orang tua yang hadir pada hari ini selalu diberikan kesehatan dan kekuatan serta semangat yang luar biasa dalam menjalani kehidupan sehari hari,” puji Syahrul.

Syahrul mengatakan Pemerintah Kota Tanjungpinang akan tetap selalu bersinergi bersama sektor swasta untuk bermitra dengan organisasi disabilitas dalam merencanakan kegiatan dan aksi nyata yang manfaatnya dapat dirasakan oleh penyandang disabilitas.

”Pada dasarnya penyandang disabilitas membutuhkan fasilitas agar bisa menjalankan hidup normal dan layak serta menjalankan fungsinya sebagai anggota masyarakat.

”Saya mengajak dan mengimbau kepada semua pihak melalui upaya bersama masyarakat untuk menyadari bahwa diantara kita terdapat mereka yang disabilitas dan upaya itu harus melibatkan semua komponen baik pemerintah maupun stakeholder lainnya,” tutup Syahrul.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Agustiawarman menyampaikan pada peringatan Hari Disabilutas Internasional ini merupakan momen yang dinantikan oleh penyandang disabilitas.

Karena, pada peringatan inilah mereka bisa menampilkan bakat dan kemampuan yang mereka punya. Kegiatan ini juga ajang silaturahmi antar penyandang disabilitas. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here