Wako-Wawako Salat Idul Fitri di Engku Putri

0
789
STQ: Lapangan Engku Putri saat dijadikan tempat STQ beberapa waktu lalu. f-istimewa

BATAM – Wali Kota Batam, HM Rudi dan Wakil Wali Kota, Amsakar Achmad, akan menggelar shalat Idul Fitri 1438 H di Dataran Engku Putri Batamcenter. Namun, jika hari Idul Fitri, turun hujan, maka salat Ied akan dipindahkan ke Masjid Agung, Batamcenter. Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata, Kamis (22/6) mengatakan, salat akan dimulai pukul 07.00 WIB pada 1 Syawal mendatang.

”Untuk harinya kita tunggu penetapan dari Kementerian Agama. Jika tidak ada perubahan, insya Allah pada hari Minggu (25/6),” katanya. Disampaikan, untuk imam yang bertugas, Muslim Ahmad, khatib Lukman Rifai, dan bilal Muhammad Hasyim.

”Kami mengundang masyarakat Batam untuk bersama-sama Wali Kota dan Wakil Wali Kota salat Idul Fitri di Dataran Engku Putri,” ujarnya. Untuk masyarakat yang tidak bisa ke Engku Putri, mungkin khawatir tidak terkejar waktu salatnya, bisa melaksanakan salat ied di lokasi lain. Ada lebih kurang 496 titik salat Ied di Batam tahun ini.

”Pemerintah Kota Batam juga mengundang masyarakat untuk hadir di kegiatan open house Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam,” kata Ardi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, open house kali ini diadakan di lapangan terbuka, Dataran Engku Putri. Tidak di Aula Asrama Haji atau kediaman walikota dan wakil walikota. Open house dimulai pukul 09.30 WIB dan rencananya selesai pada 15.00 WIB. Pemko Batam menyiapkan berbagai macam menu makanan untuk menjamu masyarakat yang hadir.

”Masyarakat yang ingin silaturahmi dengan Walikota, Wakil Walikota, dan unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) kami undang hadir di acara open house ini,” kata dia. Sementara malam sebelum lebaran juga digelar pawai takbir keliling. Rute pawai yaitu dari simpang Martabak Har Nagoya ke arah Jalan Raden Patah sampai Simpang Kabil Kepri Mall.

Pawai takbir dimulai dari Simpang Martabak Har Nagoya. Kemudian ke arah Nagoya Plaza Hotel, simpang Apartemen Harmoni. Lalu lurus ke Simpang Irinco dan terus sampai ke Jalan Raden Patah di simpang Polsek Lubukbaja. Rombongan kendaraan hias kemudia belok ke Simpang Indosat lama, Simpang Jam Baloi, dan lurus sampai Simpang Kepri Mall atau Simpang Kabil. Titik akhirnya di Simpang Kabil. Yang mau ke Lubukbaja, Batuampar, Bengkong bisa belok kiri. Sementara rombongan Kecamatan Nongsa dan Batam Kota bisa lurus. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here