Wako Ziarah Makam Leluhur Tanjungpinang

0
119
H Syahrul bersama tokoh masyarakat saat ziarah ke makam leluhur pejuang Tanjungpinang, kemarin. f-ist/humas pemko tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Sudah menjadi tradisi setiap peringatan Hari Jadi Tanjungpinang yang pada 6 Januari, dilakukan ziarah ke makam-makam leluhur atau pejuang Melayu, Jumat (4/1).

Ziarah ke makam pada Hari Jadi ke-235 Tanjungpinang hadiri Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, Ketua DPRD Tanjungpinang Suparno, Mantan Pj Walikota Tanjungpinang Raja Ariza, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, Kepala OPD, Unsur FKPD, LAM, tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

Rombongan melakukan ziarah pertama di makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu Kota Piring.

Setelah itu, rombongan dengan naik kapal Dishub Kota melanjutkan ziarah ke makam Daeng Marewah, Makam Daeng Celak di kawasan Sungai Carang.

Dilanjutkan menuju Pulau Penyengat untuk ziarah ke komplek pemakaman Engku Puteri Raja Hamidah, Raja Ali Haji, Raja Haji Fisabilillah dan berakhir di Masjid Sultan Raya Sultan Riau untuk melaksanakan salat Jumat, bersama warga Penyengat dan warga yang berwisata di Penyengat.

Sesampai di makam, rombongan melaksanakan tahlilan serta memanjatkan doa, dilanjutkan menabur bunga, menyiram air, serta memasang kain batu nisan di pusara makam para leluhur.

Syahrul mengatakan kegiatan ziarah makam ini dilaksanakan secara rutin agar senantiasa mengingat jasa-jasa perjuangan para leluhur Tanjungpinang. Karena, tanpa para pejuang yang sudah berkorban harta dan batin untuk mengusir penjajah, saat iu.

”Kita bisa seperti hari ini, karena ada kerja keras dan perjuangan dari para pendahulu kita, inilah sebagai wujud ucapan terimakasih serta penghormatan kepada para pendahulu kita,” ujarnya. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here