Walikota Ajak Tingkatkan Ibadah Puasa

0
580
BANTUAN MASJID: H Lis Darmansyah memberikan bantuan pembangunan masjid saat safari Ramadan tahun lalu.

Tanjungpinang – Alhamdulillah, hari ini Sabtu (27/5) umat Islam sudah menunaikan ibadah puasa pertama. Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah mengajak semua pihak di bulan suci Ramadan 1438 H mengisi hari-harinya untuk memperbanyak dan melaksanakan amal kebaikan mungkin.

Selain itu, bagi warga nonmuslim juga diharapkan menjaga kerukunan antar umat beragama serta saling hormat menghormati. Juga bisa terus ditingkatkan terutama untuk yang tidak menjalankan ibadah puasa supaya juga jangan melakukan aktivitas makan dan minum serta merokok di tempat umum, karena mengganggu bagi masyarakat yang berpuasa.

”Itu, agar seluruh warga kota bisa memanfaatkan momen bulan Ramadan ini untuk bisa meningkat amal ibadah. Dan setelah Ramadan masyarakat tetap meningkatkan tali silaturahmi,” kata Lis Darmansyah, kemarin.

Wako juga mengimbau agar toleransi beragama bisa terus dijaga, dengan saling menghormati kepada sesama umat beragama, terlebih kepada yang beragama non muslim untuk bisa menghormati orang yang berpuasa.

”Ingat, kita mempunyai aturan yang akan kita berlakukan aktif serta dengan tindakan tegas jika melanggar terutama soal tempat hiburan,” ujar Kata Lis. Selain itu, dalam memasuki dan menjalankan puasa Ramadan warga diminta untuk bisa menjalankannya dengan penuh khidmat dan kesederhanaan dan tidak berlebihan. Juga untuk tempat hiburan malam dilarang untuk buka di luar aturan, karena pemantauan akan terus dilakukan terlebih untuk THM dan Pub.

Ditambahkannya, ”Bulan Ramadan merupakan momentum bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta dengan memperbanyak kegiatan keagamaan dan ibadah dan silaturahmi,” tegasnya.

Ia mengatakan selain mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan keagamaan yang dilakukan selama Ramadan merupakan salah satu upaya menjaga tali silaturahim sesama umat muslim. Meskipun demikian ia berharap kegiatan keagamaan yang dilakukan secara berjamaah tidak hanya dilaksanakan pada saat Ramadan saja dan diharapkan berkelanjutan ke depannya.

”Kebiasaan masyarakat hanya meramaikan masjid saat bulan Ramadan saja, setelah selesai masjid dan musalla juga harus ramai,” tegasnya. Ia menilai Ramadan merupakan pelatihan bagi para pemeluk agama Islam dalam menjalankan salah satu rukun Islam dalam menyempurnakan nilai keimanan.

”Selama puasa kita tidak hanya dilatih untuk menahan lapar dan haus, tetapi semua kegiatan dan perilaku juga turut dilatih untuk menjaga amal ibadah,” tegasnya.
”Ramadan itu ibarat seperti hujan, ia memelihara dan menyuburkan benih-benih perbuatan baik,” kata Lis Darmansyah. *** 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here