Walikota Otomatis Jabat Kepala BP Batam

0
325
Walikota Batam HM Rudi rencananya akan menjabat sebagai Kepala BP Batam.

BATAM – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, menyatakan bahwa pemerintah tidak akan membubarkan BP Batam, melainkan merombak struktur susunan kepengurusan lembaga.

Hal ini dikatakan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Hermin Esti Setyowati melalaui surat keputusan hasil rapat di Istana, belum lama ini.

Ia menuturkan, ke depan Kepala BP Batam yang sebelumnya dipegang oleh pihak swasta kini otomatis dijabat walikota.

Kini Kepala BP Batam dijabat Lukita Dinarsyah Tuwo rencananya akan dijabat otomatis HM Rudi selaku Walikota Batam.

“Jabatan Kepala BP Batam dirangkap secara ex-officio oleh Walikota Batam,” kata Hermin dalam keterangan resmi yang diterima Tanjungpinang Pos, Kamis (13/12) pagi.

Dituturkannya, hal ini juga berlaku untuk pengelolaan kawasan perdagangan bebas, FTZ dan pelabuhan bebas (KPBPB) Batam yang akan dikomandoi Walikota Batam.

Saat ini, pemerintah sedang menyusun regulasi sebagai landasan hukum pelaksanaan rangkap jabatan Kepala BP Batam yang dilakukan secara ex-officio oleh Walikota Batam.

Hermin menerangkan seluruh keputusan ini diambil guna menyelesaikan polemik dualisme otoritas yang selama ini terjadi di Batam.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar BP Batam dibubarkan. Permintaan disampaikan usai mendengar keluhan dari pengusaha dan pemerintah setempat terkait permasalahan di Batam. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here