Wapres Lepas Ekspor Perdana ke AS‎

0
263
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla melepaskan eskpor perdana ke AS dari Batam F-Istimewa

BATAM – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla melepaskan ekspor perdana produk smartphome router ke Amerika Serikat(AS), Sabtu (2/1).

Produk itu merupakan kerja sama PT Sat Nusapersada Batam dengan Pegatron.

Hadir Gubemur Kepri, Nurdin Basirun, Direktur Utama Perseroan, Abidin serta Vice Chairman Pegatron Corporation Taiwan (Pegatron) Mr Jason Cheng. ‎Smarthome router yang diproduksi dengan teknologi fast router wireless wave 2.‎‎

Pegatron sendiri masuk Batam dengan kerja sama untuk merakit berbagai produk elektronik yang akan diekspor ke AS. Peresmian pengiriman perdana hari ini adalah merupakan realisasi dari hasil kerja sama keduanya.‎

“Selamat atas ekspor ini. Daya saing Batam harus ditingkatkan untuk menghadapi dinamika dan peluang kompetisi global,”‎ kata JK.

Diingatkan, pergerakan ekonomi global belakangan mengharuskan Batam mendesain diri. Menjadi kawasan yang lebih murah, lebih cepat dan lebih baik ketimbang kawasan lainnya.‎ “Saya akan minta Menhub segera menindaklanjuti ini,” ujarnya.‎

Untuk Batam, JK mengatakan pemerintah mendesain lebih menarik. Tujuannya mampu memanfaatkan momentum global. Diharapka, Batam menjadi daerah yang dilirik Amerika Serikat, karena Asean menjadi pilihan utamanya.

“Pegatron masuk ke Batam tentu dengan sejumlah pertimbangan,” ujarnya.

Abidin menyampaikan harapan agar pemerintah membantu menekan biaya produksi. Menurutnya, mahalnya biaya pengiriman container juga menjadi kendala yang dihadapi dunia usaha di Batam. Dituturkannya pengiriman container 20 feet dari Batam ke Singapura bisa lebih mahal 88 persen.

“Itu jika dibandingkan pengiriman dari Jakarta ke Singapura. Itu akan menyebabkan menurunnya daya saing Batam lemah dibandingkan dengan daerah lain,” tutur Abidin.‎(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here