Warga Apresiasi Pembangunan Fisik Opster TNI Galang 2019

0
86

BATAM – Sudah dua bulan kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI Galang digelar di Batam. Sasarannya ada dua tempat yakni di Galang dan di Sambau.

Kegiatan fisik dan nonfisik Opster TNI ini, mendapatkan apresiasi dari warga. Seperti yang diungkapkan salah satu tokoh warga Sambau yang mengaku bangga karena Masjid An-Nur, yang ada di lingkungan mereka kini sudah menjadi masjid yang megah yang cantik, padahal sebelumnya sangat jarang mendapat perhatian dari instansi lain.

Kegiatan Opster TNI ini dikunjungi oleh Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo yang melaksanakan kegiatan pengawasan dan evaluasi (Wasev) terhadap Opster TNI Galang 01 TA. 2019 di Batam Kepulauan Riau, Senin (2/9).

Menurut Brigjen TNI (Mar) Purnomo, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Opster TNI TA 2019, yang sudah digelar sejak 29 Juli 2019 di dua tempat yaitu di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam dan Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang, Galang.

Dalam kunjungan itu Waaster didampingi oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Opster TNI TA. 2019.

Danlantamal IV mengatakan, pelaksanaan Operasi Teritorial TNI ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kota Batam, dan dapat terjalin kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk menciptakan harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Laksma Arsad juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial TNI, dalam menangani permasalahan pengamanan di wilayah perbatasan, sehingga diperoleh pencapaian tugas yang maksimal untuk mendukung pemerintah Kota Batam.

“Ini dalam rangka menciptakan keamanan pelayaran dari pembajakan, perompakan, pencurian kapal dan mencegah penyelundupan narkoba, BBM, elektronik, rokok, minuman keras, TKI ilegal, serta menanamkan kembali wawasan kebangsaan kepada segenap masyarakat,” kata Laksma Arsad.

Waaster juga mengaresiasi Dansatgas Opster TNI Galang 01 TA. 2019 atas pelaksanaan yang sudah dikerjakan selama hampir 2 bulan.

Menurutnya, bersinerginya TNI, Polri dan masyarakat dalam pelaksanaan tugas tersebut sudah membuat tercipta satu kesatuan yang utuh untuk membangun di daerah tersebut.

“Opster TNI adalah salah satu sarana untuk membantu pemerintah daerah membentuk karakter yang baik, sehingga terhindar dan menyadari perilaku yang kurang baik, serta membantu masyarakat menunjang kegiatan bermasyarakat,” katanya.

Dalam Opster TNI itu, berhasil membuat Tribun dan WC lapangan sepakbola, lapangan voli, lapangan sepak takraw dan renovasi Masjid An-Nur.

Selain itu ada kegiatan nonfisik dengan melaksanakan komunikasi sosial terhadap masyarakat dan pelajar SMA sebanyak 200 di Aula Palm Spring. Kedua kegiatan tersebut berada di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam.

Dalam kunjungan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo tampak juga hadir Sekda Kota Batam Drs.Jefridin., M.Pd., Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si., Dandim 0316 /Batam letkol Inf Romel Jangga Wardhana, Kapolresta Batam AKBP Prasetyo Rahmad Purboyo, Danpomal Lantamal IV, Letkol Laut PM Rus Indarto, M.Tr.Hanla., Danyonif-10 Mar/SBY diwakili Dankima, Danlanud Hang Nadim diwakili Kasiops. (*/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here