Warga Belajar Mandikan Jenazah ODHA

0
68
KEGIATAN sosialisasi dan pelatihan pemadian jenazah di Aula Rumah makan Siantan Nur. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) gandeng Ikatan Istri Anggota Dewan (IKIAD), menggelar pelatihan dan penyelenggaraan pemandian jenazah. Kegiatan ini dianggap penting agar masyarakat mengetahui secara luas tentang perlakuan atau tata cara pemandian jenazah sesuai dengan ketentuan.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Drs Mirwansyah mengatakan, permasalahan penyakit menular seperti HIV AIDS tidak hanya menemukan permasalahan kasus pengobatannya semata. Namun, setelah orang dengan HIV AIDS (ODHA) meninggal pun masih jadi perhatian terutama dalam tata laksana penyelenggaraan pemandian jenazahnya.

”Hal ini terjadi karena masyarakat masih belum memahami, konsep penularan infeksi HIV baik pada ODHA yang masih hidup maupun yang telah meninggal,” begitu yang disampaikan Mirwansyah dalam sambutannya saat membuka pelatihan penyelenggaraan pemandian jenazah dan sosialisasi HIV AIDS di Aula Siantan Nur, Rabu (18/4).

Mirwansyah menguraikan, konsep kewaspadaan standar ini dilakukan untuk memutus rantai penularan infeksi melalui udara, darah dan kontak langsung. ”Langkah ini untuk menghilangkan stigma di masyarakat, dengan promosi kesehatan melalui kemitraan berbagai sektor,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, dilaksanakan bukan hanya di Kecamatan Siantan saja namun dilaksanakan di dua pulau besar lain yakni Palmatak dan Jemaja. ”Peserta kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga, organisasi dan lainnya,” sebutnya.

Pelatihan ini, tambah Mirwansyah diharapkan masyarakat lebih memahami ratacara dalam menangani ODHA yang telah meningga. Hal ini dikarenakan, ODHA biasanya mendapatkan perlakuan yang diskriminatif ketika meninggal dunia. ”Hal ini dikarenakan, ketakutan masyarakat dalam melakukan pemulasaran karena khwatir akan tertular penyakit tersebut,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Mirwansyah mewakili pemerintah menyampaikan apresiasi atas kepudulian dan keikut sertaan IKIAD dalam mendukung untuk mendukung visi misi pemerintah daerah. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here