Warga Bisa Bayar PBB di Indomaret

0
29
WALI Kota Batam, HM Rudi launching Panutan PBB-P2 Tingkat Kota dan Kecamatan se- Batam tahun 2019. f-HUMAS PEMKO BATAM

Bulan Panutan Pajak di Pedesaan dan Perkotaan

Pemerintah Kota Batam menggelar bulan panutan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Diharapkan tahun ini akan ada peningkatan pendapatan daerah.

BATAM – Memudahkan warga membayar PBB, kini berbagai mitra siap membantu.

Wali Kota Batam, HM Rudi, Selasa (12/3) melakukan pencanangan bulan panutan PBB-P2. Dimulai dari kecamatan se-Batam tahun 2019 di Kantor Wali Kota Batam.

Pada kesempatan itu, Rudi berharap, capaian PBB tahun ini akan melebihi target.

”Target kita mengalami kenaikan menjadi Rp165 miliar lebih,” ungkap Rudi.

Karena itu, Rudi berharap agar masyarakat melunasi membayar kewajibannya. Dituturkannya, dari penerimaan itu, Pemko Batam akan menggunakan untuk pembangunan dan membantu masyarakat melalui berbagai program yang bersentuhan langsung.

”Saya berharap masyarakat bisa membayar kewajiban. Ini akan diberikan juga kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan, apakah fisik maupun non fisik,” pesan Rudi.

Sementara Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Batam, Raja Azmansyah mengatakan hal senada. Diharapkan masyarakat semakin taat membayar kewajiban. Terlebih tahun ini, masyarakat akan mendapat kemudahan membayar, melalui Indomaret.

”Di Batam kini sudah bekerjasama dengan Indomaret serta Bank BJB serta bank lainnya sehingga warga akan mudah membayar PBB,” kata Azman.

Disebutkan, Wajib Pajak (WP) cukup datang ke gerai Indomaret terdekat, kemudian menyebutkan nomor objek pajak (NOP) kepada petugas kasir. Selanjutnya membayar sesuai jumlah yang tertera. Serta jangan lupa menyimpan struk pembayaran sebagai bukti bayar yang sah.

”Pembayarannya bisa dilakukan di mana saja. Tak harus di Batam. Kemarin sudah launching di Jakarta, sudah diujicoba, membayar PBB-P2 Batam dari Indomaret di Jakarta. Dan berhasil,” ujarnya.

Layanan baru ini menambah daftar kemudahan yang diberikan pemerintah dalam pembayaran pajak khususnya PBB-P2. Masyarakat tak perlu lagi datang ke Kantor BPPRD di Batam Centre hanya untuk membayar PBB-P2. Tapi juga bisa dilakukan di bank yang bekerjasama, seperti BJB, BTN, BRI, dan Bank Riau Kepri.

”Mulai bulan ini BPPRD juga akan lakukan bulan panutan PBB-P2 dengan turun di tiap kecamatan.

Tahun ini BPPRD telah mencetak 305.452 Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB). Adapun target PBB Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun ini sebesar Rp 165 miliar. Berdasarkan data siependa.batam.go.id, hingga hari ini, Selasa (12/3) sudah terkumpul Rp6,7 miliar. (MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here