Warga Canangkan Satu Juta Biopori

0
93
WARGA rantauan asal Anambas foto bersama ketika menggelar acara Balek Kampong. f-indra gunawan/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Warga Anambas yang pulang kampung mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, untuk mencanangkan 1 juta biopori yang berfungsi untuk resapan air.

disejumlah daerah yang persediaan airnya minim. Oscar Septem SH salah seorang peserta Kegiatan Warga Anambas Balek Kampong mengatakan, hal ini dilakukan agar persedian air di sejumlah tempat dapat tersedia.

”Kita sudah sampaikan hal ini langsung ke Bupati. Alhamdulillah, hal ini direspon dengan baik oleh beliau,” kata Oscar, kemarin.

Penanaman biopori tersebut menurut dia, bukan hanya di Kecamatan Siantan saja. Namun, dilakukan disejumlah tepat yang diketahui kekurangan air. Kata dia, untuk tahap awal akan ditanam sebanyak 100 biopori di Desa Arung Hijau Kecamatan Siantan Selatan.

”Lubang resapan biopori adalah lubang silindris, yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air. Tujuannya, untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah,” jelasnya.

Penanaman biopori ini rencananya akan didukung oleh konsorsium Migas sehingga target yang dicanangkan dapat terealisasi sesuai dengan harapan. Ia mengungkapkan, sebanyak 103 warga Anambas yang ada diseluruh dunia saat ini balek kampong, momennya adalah untuk wisata berkarya dan peduli lingkungan.

”Mereka yang balek kampong ini ada yang 35 tahun, 40 tahun tidak pernah melihat kampung halamannya,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan lain yang dilaksanakan adalah dengan mencontohkan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Siantan untuk tidak menggunakan kantong plastik.

”Kita sangat berharap, kehadiran warga balik kampong ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Karena banyak diantara mereka adalah orang-orang hebat dibidangnya,” tutur dia. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here