Warga Desak Gubernur Buka Tambang Bauksit

0
908
PANTAU TAMBANG: Anggota dewan Bintan memantau potensi perikanan, tambang dan pariwisata di daerah pulau, baru-baru ini. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

KIJANG – Warga Bintan Timur dan Bintan Pesisir mendesak agar Gubernur Kepri Nurdin Basirun membuka usaha tambang bauksit di Kepri. Karena, jumlah pengangguran semakin banyak. Sedangkan perekonomian di Bintan semakin turun. ”Boleh kita lihat sekarang ini. Daya beli masyarakat di pasar sangat turun. Di kedai kopi pun, orang sudah tak sanggup bayar lagi. Itu akibat tak ada pekerjaan. Tambang bauksit lah usaha yang bisa mengubah ekonomi rakyat sekarang,” ujar Syahrul, mantan Ketua Pemuda Pancasila Bintan, Senin (4/9) kemarin.

Baca Juga :  Tak Adil, Bintan Cuma Diberi Rp 6,9 M

Syahrul mengungkapkan, berdasarkan informasi media, Pemprov Kepri sudah mengeluarkan beberapa izin tambang bauksit, baru-baru ini. Baik di daerah Bintan, Pulau Asam Karimun, maupun di Kabupaten Lingga. Tapi realisasi usaha tambang bauksit itu belum ada. ”Sebenarnya, tergantung niat Pak Gubernur Kepri untuk membuka usaha tambang bauksit ini. Kalau Pak Gubernur menyetujui usaha tambang bauksit dibuka dan bisa diekspor langsung, pemerintah pusat pasti ikut saja,” tuturnya. ”Kasihani kan, kalau ekonomi Provinsi Kepri menjadi yang terendah di Sumatra di masa sekarang. Imbasnya ekonomi rakyat juga yang tambah melarat,” tambahnya.

Baca Juga :  Bupati Segera Temui Kemenhub

Hal yang sama juga disampaikan tokoh pemuda Bintan Pesisir, Ajitara. Menurut Ajitara, ekonomi Kepri di masa lampau, itu terbaik nasional. Peredaran uang cukup tinggi, karena usaha tambang bauksit jalan. Perusahaan tambang bauksit selalu menyediakan lapangan kerja, dalam jumlah yang besar. ”Dari usaha tambang bauksit, dampak ekonomi positif lainnya juga jalan. Masyarakat Bintan dan Kepri pada umumnya merasakan hal itu. Semoga Pak Gubernur Kepri segera membuka usaha tambang bauksit ini,” harap Ajitara. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here