Warga-Dewan Selesaikan Sengketa Lahan

0
526
ANGGOTA DPRD Karimun Rodiansyah saat reses tahap II DPRD Karimun bersama Anwar Abu Bakar, Sulvanow Putra dan Zai Zulfikar di Gedung Pemuda, Tebing, Karimun, Kamis (26/7).F-ISTIMEWA

Warga Teluk Uma, Tebing, Karimun menyampaikan sengketa tanah masyarakat dengan PT Timah (Persero), terkait hak guna bangunan (HGB) timah dan meminta dewan membantu menyelesaikan persoalan sengketa tersebut.

KARIMUN – Hal itu disampaikan perwakilan masyarakat Teluk Uma yakni Abd Rahim, Rawan Hiba, dari forum pemilik lahan hak waris Teluk Uma serta Basirun Banun.

Pada reses tahap II DPRD Karimun periode 2014-2019, mereka menceritakan kronologi terkait permasalahan kepemilikan tanah timah dan telah membuat pernyataan menolak HGB PT Timah kepada anggota dewan yang melaksanakan reses.

Baca Juga :  Polisi Galang Dana untuk Warga Palu

Mereka mengatakan, persoalan sengketa tanah dengan PT (Persero) Timah telah berlangsung cukup lama dan telah menyurati Presiden RI melalui staf ahli. Namun, sampai hari persoalan masih belum selesai.

Untuk itu, kiranya Pemerintah Kabupaten Karimun dan DPRD Karimun dapat menyelesaikan persoalan tersebut. ”Kami siap membantu masyarakat Teluk Uma menyelesaikan sengketa lahan ini. Tentunya kami meminta riwayat tertulis, sebagai dasar pemilikan forum ahli waris dan mempertemukan keduanya yakni antara masyarakat dengan pihak PT Timah untuk mencari solusi penyelesaian sengketa ini,” kata Anggota DPRD Karimun, Rodiansyah.

Baca Juga :  Ribuan Umat Islam Hadiri Tabliq Akbar UAS

Jika perlu, lanjut Rodiansyah, DPRD Karimun akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk penyelesaian sengketa lahan tanah ini. ”Untuk itu, kita akan mencari tahu duduk persoalan dan mencarikan jalan penyelesaikan sengketa tanah,” tambah Rodiansyah.

Selain itu, masyarakat juga meminta pembangunan parit di Sei Bati kemudian gedung pertemuan masyarakat Teluk Uma. Beberapa usulan pembangunan akan disampaikan ke Baperlitbangda Karimun, dan Bupati Karimun ntuk selanjutnya diperhatikan. Dalam masa reses ini, tentunya menjadi kesempatan warga menyampaikan usulan pembangunan demi kepentingan bersama kepada dewan. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here