Warga Diajak Jual Konverter Kit

0
407
Petugas SPBG PGN Batamcenter saat mengisi bahan bakar gas untuk kendaraan. f-dokumen/tanjungpinang pos

PGN Buka Peluang Pengusaha Buka SPBG

BATAM – Perusahaan Gas Negara (PGN) membuka peluang pengusaha atau masyarakat berpartisipasi pada penjualan gas, melalui stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG). Selain itu, PGN juga mengajak warga yang memiliki usaha untuk menjual konverter kit, untuk mendukung peralihan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan ke bahan bakar gas (BBG).

Potensi bisnis atau usaha baru itu diungkapkan Sales Area Head PGN Batam, Amin Hidayat, Selasa (23/1) di Batam. ”Kalau ada yang mau buka usaha SPBG seperti SPBU, kita persilahkan. Kita siapkan SPBG seperti yang ada saat ini,” ungkap Amin.

Prosedurnya, sama dengan membuka SPBU untuk BBM. Jika ada warga atau pengusaha ingin membuka SPBG, PGN siap mendukung. ”Prosesnya sama seperti SPBU selama ini. Penjualannya juga sama. Hitungannya, liter setara premium (LSP). Per LSP, harganya Rp4.500,” jelasnya.

Disebutkan, walau saat ini kendaraan pengguna gas belum banyak, namun pihaknya kedepan akan terus meningkat. Bahkan dengan dukungan SPBG yang bertambah kedepan, dapat memudahkan pengguna kendaraan di Batam mendapatkan BBG, akan mendorong peningkatan pemilik mobil yang menggunakannya.

”Sekarang masih satu SPBG, untuk melayani 311 unit mobil di Batam yang menggunakan gas. Tapi ke depan kita optimis akan meningkat,” jelasnya lagi.

Selain pengguna gas dari kalangan pemilik mobil, baik mobil dinas Pemko dan taksi, pelanggan rumah tangga juga meningkat. Dimana, pelanggan jaringan gas (jargas) rumah tangga dan unit usaha, terus meningkat di Batam. ”Pelanggan rumah tangga sudah hampir 5 ribu,” beber Amin.

Pelanggan PGN di Batam diakui tumbuh 6 persen. Mereka berharap, pelanggan dari rumah tangga, terlebih industri akan terus meningkat. ”Tahun 2018 ini, kita akan fokus kepada pelanggan industri dan transportasi. Kalau jargas yang mendapat subsidi APBN, tahun ini lebih banyak ke Banyuasin an Lampung,” beber Amin.

Menurutnya untuk wilayah Kepri perkembangan gas juga terus meningkat. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here