Warga Dikirim Belajar Pariwisata

0
172
MAHASISWA SBTI saat melaksanakan praktik pastry di kampus. F-Istimewa
Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPTSP Nakertrans) Kabupaten Kepulauan Anambas, kembali mengirim sebanyak 27 putra dan putri Anambas untuk menempuh pendidikan di Sahid Bintan Tourism Institut (SBTI) di Lagoi Bintan.

ANAMBAS – KEPALA DPMPTSP Nakertrans, Yunizar mengatakan, pengiriman pada tahun 2019 merupakan tahun ke-III dilakukan Pemerintah Daerah. Pesertanya, juga berasal dari 7 kecamatan yang ada di Anambas.

”Ini tahun ke-III kita mengirim sebelumnya pada tahun 2017 ada 30 orang kemudian 2018 juga 30 orang,” kata Yunizar, Rabu (30/1).

Menurut dia, pengurangan peserta pada tahun 2019 ini dikarenakan ada kenaikan biaya perkuliahan. Sedangkan anggaran Pemerintah Daerah masih sama. Jadi untuk mengantisipasinya adalah, dengan mengurangi kuota dari 30 menjadi 27 orang.

Ia melanjutkan, seleksi penerimaannya sendiri telah dilaksanakan pada Selasa (29/1) kemarin. Peserta yang ikut ada 30 orang, setelah menjalani seleksi akhirnya terpilih 27 orang.

”Seleksi sendiri langsung dari pengajar SBTI yang turun langsung ke Anambas. Tes tertulis dan wawancara mereka yang lakukan kita hanya menyiapkan tempat,” bebernya.

Kata dia, untuk biaya keseluruhan ditanggung Pemerintah Daerah dengan penambahan uang saku sebesar Rp1 juta. ”Terdapat lima jurusan yang dipilih peserta antara lain yakni, Food Product, Pastry, Food and Beverage, House Keeping dan Front Office,” bebernya.

Lanjutnya, untuk angkatan pertama tahun 2017 telah banyak yang telah berkerja diantaranya di Pulau Bawah Anambas resort dan lainnya. ”Untuk angkatan kedua tahun 2018 tak lama lagi akan selesai, dan mereka banyak yang magang di hotel-hotel maupun restoran ternama di Tanjungpinang, Bintan serta Batam, bahkan ada yang di Kuala Lumpur,” terang dia.

Selain itu, pada tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menargetkan 3 ribu wisatawan mengunjungi Anambas. Kepala Disparbud KKA DR.Masykur, ST MM mengatakan, target yang dipatok ini tidak mulukmuluk mengingat sejumlah faktor pendukung majunya pariwisata Anambas perlahan mulai teratasi.

”Kita menargetkan kunjungan wisatawan yang datang ke Anambas mencapai 3.000 orang untuk tahun 2019,” kata Masykur, Minggu (13/1).

Menurut dia, ada sejumlah hal yang membuat pihaknya optimis mampu menarik wisatawan diantaranya yakni, mulai lancarnya transportasi baik itu udara maupun laut. Hadirnya transportasi yang melayani Tarempa-Kuala Maras, tentunya memudah wisatawan yang datang menggunakan pesawat terbang tidak perlu lagi khawatir.

”Dengan hadirnya pesawat Wings Air di Bandara Letung, membuat biaya ke Anambas semakin murah,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya juga melaksanakan promosi yang intensif. Bahkan, saat ini hotelhotel yang berada di Anambas terlah disimpan brosur agar tamu yang menginap dapat mengetahui mau kemana dan tempat-tempat apa yang menarik jika datang ke Anambas.(Indra Gunawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here