Warga Diminta Pahami Progam Prona di BPN

0
595
BPN sosialisasikan tata cara pengajuan sertifikat gratis PTSL kepada warga, tahun lalu di Bintan. f-jENDARAS/TANJUNGPINANG POS

TOAPAYA – Pemerintah Desa Toapaya meminta agar warga pro aktif dan memahami mekanisme soal program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sehingga, warga yang mengajukan PTSL itu tidak salah paham dengan pelaksanaan dan proses yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Firman, Pj Kepala Desa Toapaya Selatan mengatakan, pihak desa terus memberikan informasi yang sedetil-detilnya, agar masyarakat tidak kecewa jika permohonan sertifikasi tanahnya melalui program PTSL, tidak dapat dikabulkan. Karena, banyak juga warga yang mulai protes terkait mekanisme PTSL.

”Ya, itu merupakan informasi yang selalu kami berikan kepada masyarakat. Karena pada program PTSL ini, seluruh bidang tanah di desa akan didata,” jelasnya, kemarin.

Hanya saja, lanjutnya, di lapangan pasti akan ada kendala. Pertama jika bidang tanah itu merupakan lahan sengketa, maka harus diselesaikan. Kemudian jika bidang tanah tersebut berada di wilayah hijau, maka tidak dapat diberikan hak.

”Selama ini, banyak warga yang mengusulkan. Namun saat diukur dan diteliti, ternyata bukan wilayah yang dapat dikeluarkan hak. Sehingga tidak dapat dilanjutkan, ini yang harus dipahami warga,” jelasnya.

Kemudian, tambahnya, untuk program Prona atau PTSL tahun 2017, sudah banyak permohonan warga yang diselesaikan. Sisanya, tahun 2018 ini akan diselesaikan. ”Yang ada kesalahan sedang diperbaiki, dan tahun ini akan selesai. Kalau program PTSL tahun 2018 masih terus berjalan,” tambahnya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here