Warga Diminta Waspadai Uang Palsu

0
534
AKBP Ucok Lasdin Silalahi

TANJUNGPINANG – Kepolisian Resor Kota Tanjungpinang mengantisipasi peredaran uang palsu Ramadan dan menjelang Lebaran. Karena, traksansi uang di tengah masyarakat meningkat selama Ramadan dan Idul Fitri.

”Kami sudah menginstruksikan seluruh anggota mulai dari Bhabinkamtibmas, Polsek untuk memperketat masuknya jaringan pengedar uang palsu ke wilayah hukum Tanjungpinang,” kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, kemarin. Ia juga minta agar masyarakat tetap mewaspadai peredaran uang palsu dilakukan oleh orang-orang tak bertanggungjawab.

Sebab, menjelang Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi kebiasaan kita (masyarakat) beramai-ramai menukarkan uang untuk di bagikan saat lebaran ke sanak keluarga. ”Masyarakat di zaman ini sudah dapat membedakan dan mengetahui ciri-ciri uang palsu,” tegasnya.

Baca Juga :  H Rida K Liamsi Serahkan Buku Karyanya ke Perpustakaan

Kata dia, Bank Indonesia juga terus melakukan sosialisasi tentang cara mengetahui uang palsu. Lanjutnya, anggota Polres Tanjungpinang akan ditempatkan di setiap bank yang ada di Tanjungpinang untuk melakukan pengawasan. ”Kita juga sudah bekerjasama dengan seluruh bank untuk mengantisipasi peredaran uang palsu ini,” sebutnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini belum di temukan dan didapati peredaran uang palsu di Kota Tanjungpinang. Ia berharap saat ini maupun sesudah lebaran nantinya tidak ada peredaran uang palsu di Kota Tanjungpinang.

Tambahnya, kepada masyarakat tukarkan uang di tempat-tempat penukaran resmi dan untuk mengenali uang asli, ingat tiga D, dilihat, diraba, dan diterawang. ”Uang palsu bisa dilihat gambarnya burem, tinta luntur, pakai kaca pembesar cetakannya pudar. Kalau diterawang nggak ada tanda air, benang pengaman, tidak ditanam, ini bisa diragukan keasliannya,” tandasnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here