Warga Gelar Sembayang Laut dan Lomba Perahu Naga

0
572
LOMBA: Para peserta melaksanakan perlombaan perahu naga di Pelantar II, Tanjungpinang. F-raymon/tanjungpinag pos

TANJUNGPINANG – Ratusan warga Tanjungpinang memadati Pelantar II untuk menyaksikan lomba perahu naga dalam ritual sembayang keselamatan laut yang dilakukan umat Buddha.

Perlombaan perahu naga ini juga sebagai hiburan bagi masyarakat yang sedang menjalankan ibadah Puasa. Seperti dituturkan, Suryani, bahwa ia bersama rekannya sengaja datang untuk melihat lomba perahu naga sambil menunggu waktu berbuka puasa.

”Setiap tahun kita selalu menonton acara dragon boad,” katanya Rabu (30/5). Acun ketua panitia mengatakan, perlombaan ini merupakan tradisi sejak ratusan tahun lalu sebagai ungkap rasa syukur dan memohon doa keselamatan. Lomba perahu naga ini di gelar dalam ritual sembayang.

”Tradisi tersebut merupakan upacara rutin untuk memohon doa keselamatan bagi warga Tanjungpinang dan sekitarnya yang digelar setiap tahun,” sebutnya.

Setelah pelaksanaan upacara sembayang keselamatan laut akan dilanjutkan dengan lomba perahu naga yang akan diikuti oleh empat tim. Perlombaan perahu naga diikuti empat tim bertanding. Lomba perahu naga ini merupakan tradisi sejak ratusan tahun silam dan hingga kini terus dilestarikan.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang kita gelar setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur dan memohon doa keselamatan, agar daerah kita senantiasa aman dan jauh dari musibah.

”Para pemenang lomba diberikan hadian berupa uang tunai untuk pembinaan,” sebutnya.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyebutkan, lomba perahu naga ini merupakan cikal-bakal perlombaan dragon boat yang diselenggarakan oleh pemerintah kota setiap tahunnya dan masuk dalam agenda nasional.

”Para peserta dari luar negeri turut ambil bagian dalam acara yang rutin diselengarakan disetiap akhir tahun,” ujarnya. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here