Warga Hiasi Laut Sambut Sembahyang Keselamatan

0
646
SEMBAYANG: Warga Tionghoa sedang sembayang di Vihara, belum lama ini. f-dokumen/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Parawarga Pelantar II mulai menghias jalan pelantar hingga laut dengan memasang umbul-umbul bendera dalam menyabut sembahyang keselamatan laut yang akan digelar hari ini, Selasa (30/5).
Jalan Pelantar II sudah tampak dihiasi dengan bendera yang dipasang disetiap rumah warga, bahkan juga dilengkapi dengan lampion.

Ketua RW 10 Pelantar II Acu mengatakan, acara ini merupakan warisan nenek moyang. Ini menggambarkan keberagaman. Dan keberagaman ini kekayaan Indonesia. Penerus punya kewajiban untuk menjaga.

”Lomba perahu naga yang digelar merupakan tradisi yang tidak bisa dipisahkan dengan sembahyang laut,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos Senin (29/5).

Menurutnya, dalam tradisi sembayang keselamatan untuk lingkungan, alam dan dunia. Sedang lomba prahu ritual atau tadisi dalam semarak perayaan.
”Sudah dari kemaren pihak vihara mulai melakukan persiapan,” jelasnya.
Dia menjelaskan, lomba yang berlangsung diikuti dari berbagai peserta. Puluhan umat Buddha akan mendatangi vihara tersebut.

”Mereka secara bergantian melakukan ritual sembayang. Dipercaya bisa memberikan berlimpahnya rejeki. Kegiatan tersebut perludijaga dan dilestarikan untuk penerus,” ujarnya. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here