Warga Ikuti Diklat Tentang Keselamatan di Laut

0
44
BUPATI Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris SH ketika menghadiri acara Diklat tentang keselamatan di laut. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Sebanyak 151 warga mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat tentang Keselamatan Dasar di laut.

Diklat yang diberikan itu, meliputi Basic Safety Training (BST), Advance Fire Fighting (AFF) serta Security Awareness Training (SAT) di Gedung PLUT Tanjung Momong, Kamis (1/11).

Diklat tersebut merupakan kerja sama antara Pemerintah Daerah KKA, dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH mengatakan, Diklat ini diselenggarakan sebagai bentuk pembekalan bagi masyarakat Anambas yang didominasi oleh nelayan.

”Diklat ini, untuk masyarakat khususnya nelayan, pemilik kapal motor, kapal cepat (speedboat) penumpang serta pengguna jasa transportasi laut.

Sehingga, peserta diklat nantinya dapat mengetahui tekik dasar apabila terjadi bencana atau musibah serta melengkapi diri dan kapal dengan alat keselamatan,” ujar Haris.

Haris menguraikan, Diklat pemberdayaan masyarakat ini gratis bagi masyarakat yang berusia minimal 16 tahun dan diprioritaskan bagi masyarakat yang kurang mampu diseluruh Indonesia.

”Diklat ini diprioritaskan didaerah terluar, terdepan, terisolir dan rawan bencana dan daerah perbatasan,” jelasnya.

Lanjutnya, program ini bertujuan untuk membekali kompetensi kepada masyarakat. Selain itu, untuk meningkatkan kualitasnya sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja.

Ia mengatakan, terdapat tiga jenis diklat kompetensi yang diberikan sebagai bekal menjadi pelaut tangguh antara lain yakni BST, AFF dan AST.

”Ketiganya merupakan kompetensi yang menjadi persyaratan, untuk bisa berkerja diatas kapal niaga sebagai pelaut profesional,” tuturnya.

Ruang lingkup Diklat sambung Haris adalah, secara teori dan praktek di lapangan selama 14 hari yang dilaksanakan di Dermaga Tanjung Momong dan lapangan Gedung PLUT. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here