Warga Ingin IPAL Difungsikan

0
297
BELUM BEROPERASI: Pembangunan IPAL Kelurahan Dabo Lama hingga kini belum beroperasi. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – HINGGA kini masyarakat belum merasakan fungsi fasilitas sanitasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Kabupaten Lingga sebelumnya telah memanggil pihak kontraktor yang membangunan IPAL tersebut. Selain itu, Dinas PUPR-PKP Lingga juga mengadakan pertemuan dengan masyarakat dan pihak kelurahan, Kamis (27/7)

Kepala DPUPR-PKP Kabupaten Lingga Said Nursyahdu menjelaskan, respon dan kritikan dari masyarakat itu adalah hal yang positif. Terkait dengan masukan dari warga tentang kurang maksimalnya sanitasi IPAL di Kelurahan Dabo Lama, akan segera dilakukan perbaikan dan perawatan. Bukan itu saja, Dinas PUPR Lingga juga sudah meminta kontraktor pelaksana untuk melakukan perawatan yang merupakan tanggung jawab dari kontraktornya. ”Malam kemarin,kita dari dinas melakukan sosialisasi kepada masyarakat kelurahan Dabo lama yang tinggal di fasilitas sanitasi IPAL. Pertemuan dilakukan, untuk menampung aspirasi dari masyarakat di daerah itu,” jelas Said Nursyahdu, kemarin.

Ia berharap, nantinya dalam pelaksanaan perbaikan dan perawatan agar dapat di awasi bersama. ”Bahkan nanti untuk kelanjutannya diusahakan untuk merekrut petugas, guna melakukan menjaga dan merawat dari keberadaan ipal ini ke depannya,” paparnya.

Sementara, Agus Fitrianto kabid Ciptakarya Dinas PUPR-PKP yang hadir saat pertemuan menambahkan, pelaksanaan perbaikan dan perawatan ini setelah mendapat kata sepakat dari masyarakat maka akan segera di mulai nanti dalam satu minggu ke depan. ”Masa pelaksanaan perawatan untuk memaksimalkan fungsi dari fasilitas sanitasi IPAL Komunal, sudah di sepakati selama 1,5 bulan akan selesai. Dengan memakan biaya kerjanya sebesar Rp 120 juta lebih,” ucap agus.

Nantinya, setelah perbaikan dan perawatan masyarakat akan merasakan manfaatnya sanitasi IPAL ke depannya. Seangkan, tujuan dibangunnya IPAL yaitu, untuk menyaring dan membersihkan air yang sudah tercemar dari baik domestik maupun bahan kimia industri.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here