Warga Ingin Pasar Imlek Dilanjutkan

0
2267
Warga beramai-ramai mengunjungi pasar Imlek di Kota Lama Tanjungpinang, baru-baru ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – WARGA di kawasan Pelantar dan Pasar Kota Lama menginginkan agar pasar malam Imlek, tetap dibuka atau dilanjutkan. Saat ini pasar Imlek telah berakhir. Jika dilanjutkan, pendapat pedagang meningkat, dan bisa menjadi daya tarik kunjungan wisata.

Hal ini diungkapkan Acuan warga Pelantar II, kemarin. Ia menyebutkan, sangat bagus kalau pasar malam Imlek diadakan terus, supaya masyarakat yang tinggal di sekitar Kota Lama Tanjungpinang bisa berjualan sampai malam hari.

”Bagusnya dilanjutkan lagi pasar Imlek, supaya masyarakat sekitar bisa berjualan,” katanya Selasa (27/2) sore lalu.

Baca Juga :  Anak Punk Masih Banyak di Pinang

Acuan mengatakan, bila pasar malam Imlek tetap dilanjutkan pada hari-hari biasa, bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Termasuk meningkatkan pendapatan pemilik ruko, yang selama ini berjualan di Kota Lama tersebut.

Selain itu, bisa menghidupkan suasana Kota Lama Tanjungpinang, pada malam hari. Jika tidak ada pasar Imlek, suasana sepi. Sebaliknya, jika pasar malam dilanjutkan, Kota Lama akan menjadi ramai pengunjung.

”Pemilik ruko hanya mampu berjualan dari pagi hingga sore hari, selama ini. Karena malam hari sudah tidak ada lagi orang yang ingin melakukan transaksi jual beli,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gratis Pendaftaran dan Diskon Seragam

Menurutnya, dalam pelaksanaan pasar malam itu juga perlu dukungan dari pemerintah, seperti menyediakan tempat parkir dan WC umum. Sehingga pengunjung bisa merasa nyaman.

”Pemerintah dan masyarakat harus saling membantu, dalam menggerakkan roda perekonomian,” jelasnya.

Melanjutkan pasar malam Imlek ini, tentunya perlu persetujuan antara pemerintah dengan para pedagang, yang sudah berjualan di pasar malam Imlek. Namun, antusias masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli di pasar malam Imlek, sangat luar biasa. Dan transaksi jual beli ini berdampak pada pemilik ruko, yang ikut berjualan pada malam hari.

Baca Juga :  Satu Bus Khusus untuk Pelajar

”Ini perlu dibicarakan lagi dan kita duduk bersama dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Reni Yusnelli mengatakan, pasar malam Imlek telah menjadi daya tarik wisatawan asing. Selain suasana perayaan festival Imlek, pasar malam Imlek juga menjadi objek untuk mendatangkan kunjungan wisatawan asing ke Tanjungpinang.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here