Warga Jangan Buang Sampah ke Laut

0
557
PERAHU NAGA: Tim perahu saat berlomba di Pelantar III belum lama ini dalam rangka meriahkan sembayang keselamatan laut Pelantar III. f-yoan/tanjungpinang pos

Sembahyang Keselamatan Laut Pelantar III Meriah  

Sekertaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, mewakili Wali Kota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, menyerahkan piala bergilir Wali Kota kepada para pemenang lomba perahu naga yang digelar warga Pelantar III.

TANJUNGPINANG – Lomba perahu naga ini digelar dalam rangka sembahyang laut warga Pelantar III. Juara pertama diraih tuan rumah tim perahu naga Pelantar III, juara kedua tim Sungai Ladi dan Juara ketiga Pelantar II dan juara harapan tim Pelantar Datok.

Riono mengatakan ia diperintahkan oleh Wali Kota Tanjungpinang, untuk menyerahkan piala bergilir Wali Kota kepada para pemenang. Karena, Wali Kota sedang berada di Jakarta melakukan presentasi untuk memperebutkan piala Adipura.  ”Mari kita doakan agar Tanjungpinang kembali merebut piala Adipura lambang kota bersih,” tegasnya.

Riono juga mengucapkan terimakasih kepada panitia dan peserta yang telah berpartisipasi, meramaikan acara sembahyang keselamatan laut pelantar ini. Mantan pejabat Pemprov Kepri ini menitipkan pesan agar kita bersama-sama menjaga kebersihan laut, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

”Kami mengimbau dan mengajak warga pelantar untuk selalu menjaga kebersihan laut,” ajak Riono. Acara sembahyang keselamatan laut pelantar ini sudah dilakukan secara turun temurun setiap tahun sekali.

”Semoga dengan diadakannya acara ini dapat berpengaruh pada perekonomian di sekitar kita, dan bisa mendukung pariwisata di Kota Tanjungpinang. Selain itu,” kata Riono.
Dihadapan masyarakat, Riono menjelaskan Pemko sudah direncanakan kalau Pulau Basing yang berada di ujung Dompak dijadikan sebagai tempat atau tujuan pariwisata di Kota Tanjungpinang nantinya. ”Semoga dengan rencana ini dapat meningkatkan ekonomi di Kota Tanjungpinang,” tegasnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para pemenanang yang sudah berhasil menjuarai pertandingan lomba pacu perahu naga ini. Dan berharap para juara nantinya dapat diseleksi lagi, agar dapat mewakili Kota Tanjungpinang di pertandingan event dragon tingkat nasional. Penutupan sembayang laut cukup meriah. Terlihat warga Tionghoa sangat ramai berbagai dengan masyarakat Tanjungpinang.

Bangku yang telah disiapakan panitia juga telah diisi oleh 660 undangan yang ikut serta memeriahkan acara penutupan sembahyang laut pelantar tersebut. Hiburan pentas musik juga disajikan dalam acara pembuka malam penutupan sembahyang laut pelantar ini. Disamping itu terlihat juga banyak jajanan atau kuliner yang berjualan bisa dinikamati oleh masyarakat yang berada di sekitar tempat acara tersebut.

Artis-artis penyanyi yang berasal dari Kota Tanjungpinang berhasil memukau dan menghibur para tamu undangan dan para pengunjung, dengan lantunan lagu-lagu dan suara emasnya. Ferry selaku ketua panitia mengatakan bahwa acara sembahyang keselamatan laut Pelantar III dan sekitarnya ini sudah menjadi kegiatan acara tahunan. Dan lomba pacu perahu naga merupakan sebagai bentuk kerjasama dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam memperebutkan piala bergilir Wali Kota Tanjungpinang & piala dari panitia acara. Tujuan diadakannya acara ini, untuk mendoakan keselamatan laut pelantar.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here