Warga Kampung Tak Repot Urus Administrasi Surat Nikah

0
702
BUS PELAYANAN: Camat Bintim Rusli bersama petugas pelayanan Paten Mobile memperlihatkan bus pelayanan, di Kantor Kijang Kota, Kamis (6/7) pagi kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

Bintim Sulap Bus ’Nganggur’ Jadi PATEN Mobile

KIJANG – Ada-ada saja kreativitas pemerintah Kecamatan Bintan Timur sekarang. Bus yang nganggur disulap menjadi armada Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten). Alhasil, warga kampung tak repot lagi mengurus administrasi surat nikah dari kecamatan. Camat Bintan Timur Rusli tersenyum ketika melihat bus sekolah yang selama ini nganggur tak terpakai, kini sudah beroperasi kembali, Kamis (6/7) kemarin. Bus yang parkir di depan Kantor Lurah Kijang Kota itu tak mengangkut pelajar.

Pagi itu, armada Paten Mobile sengaja parkir di kantor lurah, untuk memberikan pelayanan kepada warga, yang ingin mengurus segala administrasi dari kantor camat. Bus Paten Bintan Timur ini, sejak Mei lalu sudah menjadi sarana pelayanan yang jemput bola. Satu hari parkir di Kelurahan Gunung Lengkuas, sehari di Seilekop, sehari di Seienam dan dua hari di Kijang Kota.

”Warga kampung tak perlu lagi ke Kantor Camat untuk mengurus administrasi. Cukup tunggu di kantor lurah. Semua pelayanan dari kecamatan, kami layani di Paten Mobile ini,” kata Rusli. PATEN Mobile itu disiapkan lima orang petugas, sudah termasuk sopir. Pelayanan yang diberikan itu berupa pengurus KTP dan KK, administrasi pertanahan, segala bentuk perizinan, BPJS dan sosial, sampai dengan administrasi surat keterangan untuk pengurusan surat nikah.

”Untuk surat keterangan mau nikah, dua hari saja sudah siap. Warga kampung tak repot lagi ke kantor camat untuk mengurusnya. Cukup urus di Paten Mobile ini,” sebutnya. Ketua RT12/RW14 Kampung Beringin Barat, Bintan Timur Nur Hamzah menyatakan, pihaknya sangat mendukung program mobil pelayanan Paten ini. Semua RT dan RW mendukung sistem pelayanan yang mudah ini. Selama ini, warga kampung ada yang menggunakan jasa orang ketiga, untuk mengurus ke kantor camat.

”Mobil Paten ini, kan menghapuskan pungli juga,” sebut Hamzah. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here