Warga Kecewa, Lahan Busung Tak Selesai

0
712
WISATA DANAU: Komunitas fotografi menelusuri wisata Danau Biru Desa Busung, yang terlihat indah dan menjadi objek wisata liburan. f-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – WARGA Desa Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam kecewa dan mendesak kepala desanya untuk segera menyelesaikan administrasi pertanahan di desanya. Tujuannya, untuk menentukan status lahan yang kini sudah ditempati warga.

Abdul Karim, Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Busung mengatakan, PT Surya Bangun Pertiwi (SBP) sudah menyerahan lahan seluas 65 hektare kepada Pemkab Bintan, pada tahun 2015 lalu. Hingga kini, masyarakat belum dapat memiliki lahan itu sesuai dengan administrasi yang ada. ”Kami kecewa, dan mendesak Pak Kades untuk mempercepat proses ini. Kasihan lahan kamitidak dapat disuratkan,” katanya, Minggu (17/9).

Ia menambahkan, selain kerugian legalitas lahan warga, dengan tidak jelasnya penyerahan lahan tersebut, warga tidak dapat merasakan program Prona, yang diberikan oleh Kantor BPN Bintan.

”Kalau saja sudah selesai penyerahan lahan tersebut, kami dapat suratkan lahan dan dapat membangun usaha, atau bangunan sesuai dengan izin yang ada. Kami kan juga ingin Desa Busung ini dapat berkembang seperti desa lainnya,” ucapnya yang turut dibenarkan warga lainnya.

Milfa, warga Busung juga meminta pemerintah tidak lupa dengan penyelesaian penyerahan lahan ini, hingga tuntas. Sehingga hak warga dapat dimiliki dengan jelas.

Sementara itu, Rusli Kepala Desa Busung yang dihubungi menjawab, dirinya sudah mendengar desakan warga itu. Selama ini pihak desa sudah mengupayakan penyerahan lahan ke warga dari Pemkab Bintan.

”Kami sedang mengupayakan ini, kami juga paham keinginan warga tersebut. Namun, saya perlu bantuan dari semua pihak, agar ini dapat terselesaikan. Karena saya paham kondisi seperti saat ini, memang merugikan masyarakat,” jelasnya.

Ia mengatakan, selaku kepala desa, di setiap kesempatan dirinya terus menyampaikan hal tersebut kepada Bupati Bintan, selaku pimpinan tertinggi di Bintan.(JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here