Warga Keluhkan Proses Pengurusan SKTM

0
333
Syafri Sandi

Warga Desa Tanjung Pelanduk, Moro mengeluhkan lamanya proses pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

KARIMUN – Sehingga, warga pun bersabar menunggunya walau sebenarnya pengurusan SKTM didaerah lain tidak memakan waktu lama. Warga pun berharap bisa mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), untuk kemudahan mendapatkan layanan kesehatan.

”Beberapa waktu lalu, warga mengeluhkan proses pembuatan SKTM. Karena jarak terpisah Pulau dengan Moro. Mereka berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun memasukkan nama warga sebagai penerima KIS. Sehinga, mudah mendapatkan layanan kesehatan,” kata Syafri Sandi, anggota DPRD Karimun dari Moro, Kamis (12/4).

Di Desa Tanjung Pelanduk, lanjut Syafri Sandi, jika mengurus kartu SKTM harus ke Pulau Moro kemudian dilanjutkan ke Karimun. Dengan biaya yang mencapai ratusan ribu, jika mereka memiliki KIS bisa langsung ke berobat ke Batam dengan jarak tempuh yang singkat dan biaya ringan.

Masih kata Syafri Sandi, kesulitan terasa jika harus berobat mencarter kapal cepat (Speedboat) menuju Karimun. Sedangkan, ongkos yang dibutuhkan minimal 1,5 juta rupiah. Sementara jika ke Batam, biaya tidak lebih dari Rp 300 ribu dan inilah yang dikeluhkan warga Tanjung Pelanduk.

”Belum lama ini saya mendapat kabar, bahwa ada kuota KIS untuk Karimun. Nanti akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Karimun bagaimana warga Desa Tanjung Pelanduk mendapatkan KIS. Tidak harus SKTM bagi warga tidak mampu, sehingga masyarakat bisa langsung berobat ke Batam,” jelas Syafri Sandi.

Ia berharap, jika ada pendataan penerima KIS. Agar berkordinasi dengan Kepala Desa Tanjung Pelanduk. Sehingga, masyarakat di daerah terluar mendapat kemudahan jika berobat ke Puskesmas dan Rumah Sakit.

Masyarakat setempat juga mempertanyakan, kenapa mereka tidak mendapatkan KIS. Menurutnya, disana banyak warga tergolong tidak mampu.

Kedua, mereka bermukim didaerah terluar dan sangat jauh dari Ibukota kabupaten. Ia menyarankan, kuota KIS diutamakan untuk masyarakat yang tinggal didaerah terluar, tertinggal.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here