Warga Kepri di Sumbar Komit Jaga NKRI

0
92
Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemprov Kepri, Samsuardi f-istimewa

TANJUNGPINANG – Sumatera Barat maupun Kepulauan Riau memiliki berbagai kesaman dari sisi historis. Tidak hanya itu, di kedua provinsi juga banyak dihuni warga pendatang dari berbagai suku bangsa. Meskipun begitu, hubungan antar etnis tetap baik dan terjaga sampai saat ini.

Hal tersebut terlihat dalam acara silahturahmi dan buka bersama Pemerintah Kepri Bersama Ikatan Warga Kepri (IWKR) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Kepri di Sumatera Barat (Sumbar) yang juga dihadiri forum paguyuban berbagai suku bangsa yang tinggal di Padang, Sumatera Barat. Acara tersebut berlangsung di Hotel Pangeran Beach, Senin (28/5).

Ketua IWKR-Sumbar, Kuswandi Kutar mengatakan kegiatan tersebut pertama kali dilaksanakan secara resmi di Sumbar. Karena pada tahun-tahun sebelumnya, acara silaturrahmi hanya dilaksanakan secara sederhana.

”Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Sehingga dalam acara kali ini, selain mengundang IPMKR, kami juga bisa mengundang para paguyuban yang tinggal di Kota Padang,” jelas Kuswandi Kutar dalam acara yang juga dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemprov Kepri, Samsuardi dan Kepala Bagian Kesbangpol Sumbar, Najwi.

Kuswandi menambahkan, selama ini IWKR selalu aktif dalam menjalin hubungan dengan warga kepri di Sumbar, para paguyuban dan anggota IPMKR yang kuliah di Padang.

”Khusus dengan IPMKR, kami menempatkan diri sebagai orangtua mereka. Kami juga memfasilitasi mereka untuk mendapatkan beasiswa dan asrama di sini. Untuk asrama, Insya Allah akan dibangun asrama yang lebih baik dari yang sekarang,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemprov Kepri, Samsuardi mengapresiasi kekompakan dan silaturrahmi yang selalu ditunjukkan IPMKR, IWKR dengan pemerintah provinsi Sumbar dan forum paguyuban berbagai suku bangsa yang tinggal di Padang.

”Akurnya kehidupan antar suku bangsa tidak hanya teruji di Kepri, namun juga di Sumbar. Kami berharap kekompakan tersebut tetap terus terjaga. Kepada IPMKR, kami berpesan agar tetap semangat kuliah dan jangan segan untuk berkomunikasi dengan IWKR. Kalau ada kendala selama kuliah, cepat komunikasikan dengan IWKR. Insya Allah akan dicarikan solusinya,” pungkasnya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here