Warga Kepri Malas Berzakat

0
859
ZAKAT: Ketua Baznas Kepri Mustakim Husein menyerahkan bantuan beasiswa usai sosialisasi penyaluran dana zakat untuk biaya pendidikan mahasiswa UMRAH, kemarin. f-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri Drs. H. Mustamin Husein menyampaikan, potensi zakat di Kepri diperkirakan Rp 17 miliar setahun. Ini merupakan target nasional untuk Kepri.  Namun sampai semester pertama, penggalangan dana zakat oleh lembaga-lembaga zakat di wilayah Kepri baru berhasil mengumpulkan Rp 8 miliar. ”hasil survei kita, baru 20 persen umat muslim yang berzakat dan kebanyakan pegawai negeri. Masih ada 80 persen lagi yang potensi dan belum terakomodir,” jelas Mustamin Hussain saat menjadi pemateri penyaluran beasiswa Baznas di Kampus Umrah, Pulau Dompak, Jumat (8/9).

Baca Juga :  Hari Bakti TNI-AU, Danlanud RHF Ziarah ke Penyengat

Lebih lanjut Mustamin memprediksi, pada Juli sampai Desember 2017 mendatang masih bisa dikumpulkan zakat Rp 9 miliar, mengingat sampai saat ini dari masing-masing lembaga yang tersebar di kabupaten dan kota se Kepri belum mengumumkan secara rinci pencapaiannya. ”Kita optimis tercapai. Biasanya lembaga-lembaga ini mengumumkan ke kita pada saat akhir tahun,” tambahnya.

Mustamin melanjutkan, saat ini 20 persen pencapaian pengumpulan zakat, sesuai data survei di internal Baznas didominasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdapat di lingkungan Pemko/Pemkab maupun Pemprov Kepri. ”Target kami ke depan pengusaha, kami akui memang selama ini lemahnya sosialisasi, karena keterbatasan biaya dan waktu,” jelasnya. ”Swasta selama ini masih belum banyak yang tahu, kalau zakat ini bagian dari yang paling penting,” timpalnya.

Baca Juga :  Nurdin Tes Kualitas Rumput Stadion Dompak

Ia menuturkan, pemerintah RI, melalui Menkeu ke depan tidak hanya memfokuskan tentang wajib pajak, melainkan juga perlu di tekankan, masalah masyarakat muslim untuk gencar berzakat diatur dalam aturan pemerintah. ”Menkeu dan Baznas perlu sama-sama digenjot, perhatian pemerintah tidak hanya terfokuskan dengan pajak saja, melainkan zakat pun hal yang paling diutamakan, khususnya masyarakat muslim,” tambahnya. Terakhir ia membeberkan, di Kepri hasil dari penggalangan dana zakat yang dikumpulkan untuk membantu masyarakat sosial dan lainnya. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here