Warga Lokal Harus Dilibatkan

0
510
ANGGOTA Komisi III DPRD Kepri sidak ke Pelabuhan Tanjunguban, Kamis (15/3).f-istimewa/humas dprd kepri

Komisi III DPRD Kepri Sidak Proyek di Bintan

Anggota Komisi III DPRD Kepri meminta agar kontraktor yang mengerjakan proyek-proyek Pemprov Kepri agar melibatkan warga lokal, minimal sebagai pekerja.

TANJUNGUBAN – HAL ini disampaikan salah satu anggota Komisi III, Asep Nurdin kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (15/3) kemarin usai inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi pengerjaan proyek Pelabuhan Tanjunguban bersama dewan lainnya.

Ia mengatakan, proyek ini salah satu prioritas Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. Saat terjun ke lokasi, pantauan mereka pengerjaan proyek baru berjalan 30 persen. ”Pantauan kami saat turun ke lokasi, pengerjaan baru 30 persen. Ke depan kami sarankan mereka (kontraktor, red) untuk melibatkan masyarakat lokal dalam pengerjaan proyek itu,” tegas legislator partai Hanura dapil Bintan-Lingga tersebut.

Baca Juga :  Menpan-RB Resmikan Pusat Tahfiz Alquran

Saat turun ke lokasi, Asep menyampaikan, turut hadir anggota Komisi III lainnya. Sebagai informasi bahwa, pembangunan pelabuhan yang diawali pada tahun 2017 tersebut memiliki luas lahan 1,5 hektare. ”Tahun ini merupakan tahun kedua pembangunan pelabuhan ini,” ujar Sekretaris Komisi III Raja Bachtiar.

Raja Bachtiar mengatakan bahwa saat ini pembangunan pelabuhan tersebut fokus pada penimbunan pantai. ”Masih ada sedikit kendala terkait pembebasan lahan jadi memang agak lambat proses penimbunannya,” terangnya.

Selain Raja Bachtiar, anggota Komisi III Saproni menambahkan, bahwa pembangunan pelabuhan tersebut apapun kendalanya, harus terus digesa. ”Nanti masih harus melakukan pendalaman alur agar nanti kapal-kapal ukuran di atas ribuan ton bisa sandar dan melakukan bongkar muat di pelabuhan itu,” jelas Saproni.

Baca Juga :  Harmoni Kepri Tak Tergoyang

Senada, Kabid Kepelabuhanan Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Aziz Kasim Djou menjelaskan bahwa pada tahun ini memang pengerjaan pelabuhan difokuskan pada penimbunan pantai.

”Tahun lalu kita selesai melakukan pemasangan sheet pile dan tahun ini targetnya menyelesaikan penimbunan lahan,” terang Aziz.

Aziz juga mengatakan bahwa fasilitas yang akan dibangun di pelabuhan ini diantaranya gudang penyimpanan barang, lapangan penumpukan, parkir truk, kantor pengelolaan pelabuhan dan musala. Dalam peninjauan tersebut hadir juga anggota Komisi III Suryani, Raja Astagena, Asep Nurdin dan Sahmadin Sinaga.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here