Warga Minta Listrik 24 Jam

0
322
PANGLIMA TNI bersama rombongan foto bersama dengan warga Pulau Laut setelah berdialog terkait pembangunan Pulau Laut ke depannya, Senin (23/4). F-ISTIMEWA

Warga Pulau Laut mendapatkan kesempatan berdialog sekitar 30 menit dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, ketua DPR RI Bambang Susatyo, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang di Pulau Sekatung, Senin (23/4) kemarin.

NATUNA – Pada kesempatan itu, Camat Pulau Laut Sudirman yang bertindak sebagai perwakilan warga setempat menyampaikan kebanggaannya dapat dikunjungi oleh petinggi negeri.

”Kami ucapkan selamat datang di Pulau Laut kepada Bapak Panglima TNI, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI dan semua rombongan. Kami bangga sekali dengan kehadiran bapak-bapak semua yang telah mengunjungi Pulau Laut,” kata Sudirman, mengawali dialognya.

Sudirman langsung menyampaikan beberapa hal mengenai keperluan warga, PNS dan anggota TNI-Polri yang bertugas di wilayah Kecamatan Pulau Laut. Adapun hal-hal yang disampaikan adalah meliputi peningkatan kualitas jaringan telekomunikasi (sinyal) terutama di Pulau Sekatung dan Kecamatan Pulau Laut pada umumnya dan melengkapi fasilitas kegiatan patroli di Pulau Sekatung.

Kemudian, Sudirman juga mengusulkan agar pemerintah melakukan semenisasi jalan lingkar Kecamatan Pulau Laut. Selain itu, Pulau Laut perlu pelayanan listrik PLN selama 24 jam serta memfasilitasi putra-putri Pulau Laut untuk bisa masuk menjadi anggota TNI-Polri serta memberikan insentif terhadap PNS atau ASN dan anggota TNI dan Polri yang bertugas di Kecamatan Pulau Laut.

”Kami ini berada jauh di ujung utara NKRI dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang sangat terbatas. Tempat kami ini juga berbatasan langsung dengan banyak negara, dan tempat kami ini jauh dari mana-mana. Ke depan, kondisi ini kiranya bisa dipertimbangkan oleh pemerintah,” kata Sudirman mengakhiri penyampaiannya.

Ketua DPR RI Bambang Susatyo menjawab, kondisi perbatasan seperti di atas harus menjadi perhatian pemerintah dan instansi terkait guna mendukung terwujudnya program Nawacita Pemerintah Indonesia.

”Usulan pak camat harus terwujud. Sekembalinya kami di Jakarta, akan kami panggil pihak-pihak terkait agar apa yang disampaikan pak camat ini segera diwujudkan,” tegas Bambang.

Hal yang sama juga disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ia mengatakan, salah satu tujuan kunjungan kerjanya itu adalah untuk menyerap masukan dari berbagai elemen mengenai TNI di perbatasan Natuna. ”Ini masukan yang baik. Masukan ini akan jadi bahan pertimbangan kami ke depan untuk mengambil kebijakan dan bertindak,” ujar Hadi Tjahjanto.

Kunjungan Panglima TNI dan Rombongan menggunakan tiga unit pesawat helikopter yang terdiri dari helikopter Bell TNI-AD, Mil Mi-17 VIP TNI AD dan EC-725 VIP TNI-AU. Beberapa helikopter itu, mendarat satu per satu di helipad Pulau Sekatung, Kecamatan Pulau Laut.

Kegiatan Panglima Hadi di Pulau Sekatung adalah memantau pasukan yang bertugas di perbatasan dan berdialog dengan masyarakat serta prajurit TNI. Kunjungan rombongan tersebut juga dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Mulyono dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here