Warga Minta PJU di Perumahan Ditambah

0
832
PERBAIKAN: Teknisi saat memperbaiki PJU yang rusak di kawasan pemukiman. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Jalan di Kota Tanjungpinang masih minim penerangan jalan umum (PJU). Kondisi ini menimbulkan rasa tak nyaman bagi warga sekitar saat melintas terutama pada malam.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertanaman (Perkim) Kota Tanjungpinang, Amrialis mengatakan, Pemko Tanjungpinang, telah mengajukan dana sebesar Rp22 miliar ke Pemprov Kepri, melalui Musrebang 2017 lalu. Dana ini untuk pembangunan jaringan PJU. ”Masih banyak daerah kita belum memiliki tiang PJU. Kita sudah usulkan ke Pemprov semoga dikabulkan,” kata Amrialis, kemarin.

Kata dia, kalau dikabulkan oleh Pemprov, dana itu untuk pemasangan PJU di kawasan Jalan Daeng Celak Batu 8 Atas Tanjungpinang hingga menuju pusat Pemko Tanjungpinang. Kemudian, dari Jalan Adi Sucipto Batu 10 hingga batas Kabupaten Bintan khususnya di Jalan Nusantara Km 19 Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim). Mulai dari penjaringan hingga tiang serta bola lampu. ”Kita harapkan Pemprov membantu kita untuk bersama-sama menerangi wajah Kota Tanjungpinang,” harap dia.

Baca Juga :  Pelabuhan Dompak Mangkrak

Kata dia, saat ini Dinas Perkim, mulai memasang bola PJU yang padam. Kemudian, bola lampu PJU diganti mulai dari Jalan Yos Sudarso, Dewa Ruci, Pancur, dan masih banyak lagi jalan umum yang sudah diganti bola lampunya. ”Bola lampu jenis sondium/son-t dengan daya 500watt ke bola lampu LED dengan daya sebesar 100-120 watt,” tegasnya. Meskipun daya bola lampu menjadi berkurang, tetapi jalan umum terlihat terang pada malam hari.

Yulastri, salah satu warga Batu 10 Tanjungpinang, mengaku PJU di beberapa titik mulai terang saat malam hari. ”Sudah terang dan bagus sekarang lamp penerangan jalan. Sekarang warna lampunya putih. Dan itu terang pulak. Baguslah berubah dari sebelumnya,” kata Yulastri.

Baca Juga :  Maskur Ingatkan Juknis Seragam Gratis Segera Diberikan

Sebelumnya, menurut wanita (45) ini, lampu jalan terlihat redup. Sehingga jalan tidak terang. Masih mending redup, terkadang lampu jalan mati hingga tak diperbaiki. ”Kalau seperti inikan kita senang dan bangga. Karena kita ini tinggal di Ibu Kota Provinsi Kepri. Jadi, jalan-jalan harus terang menderang,” ucap dia.

Senada dengan Suliswanto, warga Pancur. Ia merasa senang dan bangga dengan adanya perubahan di Kota Tanjungpinang. ”Apa lagi kalau kita lihat malam hari. Sudah terang, pokoknya baguslah,” kata dia.

Baca Juga :  2,8 Ribu PTK Setuju Ada Fakta Integritas Anti Narkoba

Dia menilai, belum seberapa perubahan yang dirasakannya. Ia berharap, perubahan ini terus dilakukan oleh pemerintah daerah dalam hal ini Pemko Tanjungpinang melalui dinas terkait. ”Kalau bisa jangan jalan umum saja yang terang. Jalan perumahan juga harus terang dan ditambah PJU-nya,” harap dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here